Kompas.com - 14/08/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi check in hotel Unsplash/ProxyclickIlustrasi check in hotel

KOMPAS.com - Di masa pandemi, kebijakan berbagai pelayanan publik berubah drastis. Ada aturan-aturan baru yang disesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Begitu juga perhotelan. Di masa pandemi ini seluruh manajemen hotel mengeluarkan kebijakan masing-masing, termasuk tentang syarat dokumen para calon tamu yang akan melakukan check in atau menginap di kamar hotel

Di masa PPKM sendiri, kebijakan penggunaan sertifikat vaksin untuk dipakai mengakses berbagai pelayanan publik sudah mulai dilakukan. Mulai dari transportasi publik hingga mall dan pertokoan. 

Lantas bagaimana dengan di dunia perhotelan?

Beberapa jaringan hotel besar di Indonesia, baik yang tergabung dalam manajemen internasional maupun manajemen lokal, memiliki kebijakan masing-masing tentang syarat menginap di masa pandemi.

Berikut ini beberapa kebijakan dari empat jaringan hotel besar di Indonesia:

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Terbaru, Berlaku Mulai 13 Agustus 2021

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Archipelago International Group

Archipelago International Group, manajemen hotel swasta dan independen terbesar di Asia Tenggara, menerapkan syarat check in bagi tamu-tamunya, baik yang akan mengakses Aston, The Alana, Harper, Quest, Neo, Favehotels, maupun Nordic.

Melly Samantha, Director Brands and Communication, mengatakan kepada Kompas.com bahwa Archipelago memiliki syarat check in terbaru yang berlaku selama pandemi.

"Kami secara ketat mengikuti peraturan pemerintah dan seluruh hotel kami telah disertifikasi oleh World Travel & Tourism Council dan Kemenparekraf Indonesia. Oleh sebab itu, tamu dapat menyertakan sertifikat vaksinasi, hasil PCR atau tes antigen yang akan kami gunakan sebagai kelengkapan informasi tamu," ungkap Melly Samantha. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.