Kompas.com - 13/08/2021, 17:15 WIB
Tangkapan layar twit viral soal ganti kartu ATM di BCA yang tak perlu fotokopi e-KTP Screenshot Twitter: @ruthnatsTangkapan layar twit viral soal ganti kartu ATM di BCA yang tak perlu fotokopi e-KTP

KOMPAS.com - Penyematan kata "elektronik" di depan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau e-KTP kerap kali dipertanyakan oleh masyarakat.

Pasalnya, dalam hal mengurus dokumen administrasi, sejumlah instansi atau lembaga masih mengharuskan e-KTP difotokopi, yang artinya masih membutuhkan dokumen fisik.

Sebuah twit dari seorang pengguna media sosial Twitter dengan akun @ruthnats pun ramai diperbincangkan warganet.

Dalam twit yang ia unggah Kamis (12/8/2021) @ruthnats menyebutkan bahwa pembuatan kartu ATM baru di Bank Central Asia (BCA) tak perlu membutuhkan fotokopi e-KTP.

"e-KTP akhirnya kepake juga gaes, tapi kepakenya di BCA. buat ganti/bikin kartu ATM baru. KTP-nya cuma ditap aja gaes ga perlu difotokopi. aku terkesima," tulis @ruthnats.

Menurut @ruthnats, layanan pembuatan kartu ATM baru tanpa fotokopi e-KTP itu dapat dilakukan di mesin customer service (CS) Digital BCA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana penjelasan BCA?

Baca juga: Sertifikat Vaksin Lama, Apakah Bisa untuk Syarat Bepergian?

Layanan CS Digital BCA

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, pihaknya berterima kasih atas respons yang diberikan masyarakat terhadap layanan mesin CS Digital BCA.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan dan apresiasi nasabah yang diberikan kepada BCA dalam memberikan layanan perbankan digital. Kami bersyukur bahwa mesin CS Digital ini dapat memberikan nilai tambah dan manfaat jangka panjang, terkhusus di masa pandemi saat ini yang mendorong nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara lebih mudah, praktis, dan aman," kata Hera, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Hera mengatakan, mesin CS Digital BCA dengan fitur ganti kartu ATM menggunakan e-KTP sudah tersedia sejak April 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.