Kompas.com - 13/08/2021, 10:05 WIB
Penumpang bus yang berangkat dari Terminal Bus Kalideres menunjukkan sertifikat Covid-19 sebagai syarat perjalanan. Dok. Terminal Bus KalideresPenumpang bus yang berangkat dari Terminal Bus Kalideres menunjukkan sertifikat Covid-19 sebagai syarat perjalanan.

KOMPAS.com - Sejumlah aturan terbaru syarat perjalanan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, 3, dan 4 hingga 16 Agustus 2021 terus diberlakukan.

Pembatasan mobilitas masyarakat membuat syarat perjalanan harus dipenuhi, baik dengan kendaraan umum atau pribadi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, untuk perjalanan darat, masih mengacu pada Surat Edaran (SE) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi Covid-19.

“Untuk syarat perjalanan darat, belum ada perubahan, masih tetap sama,” ucap Budi kepada Kompas.com, Selasa (10/8/2021).

Berdasarkan SE tersebut, pelaku perjalanan jarak jauh dengan transportasi umum dari dan ke Pulau Jawa-Bali, serta beberapa wilayah PPKM Level 3 dan 4 wajib memenuhi beberapa syarat perjalanan.

Syarat perjalanan yang harus dipenuhi bagi pelaku perjalanan dengan transportasi umum adalah:

Baca juga: Syarat Perjalanan Darat Selama PPKM Level 2, 3, dan 4 di Daerah Aglomerasi

1. Wilayah Jawa-Bali dan PPKM level 3-4

Wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal dosis pertama.

Selain itu juga membawa keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Atau keterangan hasil negatif tes rapid test antigen yang diambil maksimal 1x24 jam sebelum berangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.