Kompas.com - 09/08/2021, 08:05 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpose bersama lukisan karyanya. Instagram @andi_a_mallarangengSusilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpose bersama lukisan karyanya.

KOMPAS.com - Melukis rupanya menjadi kegiatan yang dipilih oleh Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengisi waktu di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hobi melukis yang dilakoni SBY itu pun viral dan ramai diperbincangkan oleh warganet, setelah foto SBY berpose di antara sejumlah karya lukisnya beredar di media sosial.

Baca juga: Daftar Bantuan dari Pemerintah Selama PPKM dan Cara Mengeceknya

Baca juga: Cair Pekan Depan, Ini Mekanisme dan Syarat Penerima Bantuan Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Kompas.com, Sabtu (7/8/2021) Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan, hobi melukis sebetulnya sudah dimiliki oleh SBY sejak duduk di bangku SMP.

"Beliau mulai melukis lagi sekitar 2 bulan ini di studio lukis di rumah beliau di Cikeas. Inspirasi beliau sumbernya bisa bermacam-macam. Imajinasi, foto karya Ibu Ani maupun fotografer lainnya," kata Herzaky.

Baca juga: Belum Dapat SMS? Ini Cara Unduh dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

Sarana refleksi

Selain untuk mengisi waktu selama PPKM, menurut Herzaky, melukis juga menjadi sarana bagi SBY untuk mengelola dan merefleksikan pengalaman serta perjalanan batinnya selama ini.

"Sambil menjalankan PPKM, SBY memilih untuk melukis di studio di kediamannya. Mengelola dan meresapkan pengalaman dan perjalanan batin beliau dalam memimpin bangsa ini selama sepuluh tahun dan dalam mencermati situasi terkini bangsa ini," tulis Herzaky di akun Facebook pribadinya.

Tak hanya itu, melukis juga memberi kesempatan bagi SBY untuk menjalani kehidupan setelah berpulangnya sang istri, Ani Yudhoyono pada 2019.

"Karena bagaimanapun, kehilangan cinta sejati dan pendamping hidup seperti Ibu Ani, tentu juga sangat membekas bagi beliau," tulis Herzaky.

Baca juga: 5 Fakta soal Bantuan Subsidi Upah/Gaji Rp 1 Juta, dari Jadwal Pencairan hingga Cara Mengeceknya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.