Kompas.com - 08/08/2021, 22:30 WIB
Ilustrasi makan makanan tinggi gula. FREEPIK/WAYHOMESTUDIOIlustrasi makan makanan tinggi gula.

KOMPAS.com - Berlebihan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Selain risiko diabetes dan obesitas, kecanduan gula juga bisa Anda alami.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar kita mengurangi konsumsi gula, dengan batas aman kurang dari 5 persen kalori harian atau sekitar 6sendok teh.

Menurut data WHO, mengurangi konsumsi gula bisa menurunkan risiko obesitas dan kerusakan gigi. Demi menghindari efek negatif gula, kita juga bisa menggantinya dengan pemanis alami seperti buah dan madu.

Namun tak cukup menakar asupan gula lewat takaran sendok saja. Zat-zat gula ini seringkali tersembunyi di berbagai sajian makanan dan minuman. Bahkan yang menurut kita rasanya manis biasa-biasa saja.

Untuk itu, penting bagi kita untuk peka terhadap sinyal yang dikirimkan tubuh.

Dengan mencermati tanda-tanda berikut, mungkin sudah saatnya kita waspada. Bisa jadi ini artinya tubuh mulai kecanduan gula dan saatnya mengurangi asupan gula.

Baca juga: Makan Makanan Manis Setiap Hari Bisa Memperpendek Umur, Kok Bisa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa saja tanda-tandanya?

1. Terus-menerus merasa haus

Dilansir dari Healthsupportmag, ketika tubuh mendapatkan asupan gula berlebih, tubuh akan mengeluarkan sinyal untuk haus atau membutuhkan minum. Sinyal ini keluar meski Anda sudah minum cukup, dan Anda tak sedang berolahraga sehingga kehabisan banyak cairan.

Terlalu banyak gula, memang akan memancing tubuh untuk terus-menerus mengeluarkan urin. Efeknya, Anda akan terus dilanda haus.

Untuk mengatasi, minumlah air mineral atau infused water dari buah dan sayuran segar.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.