Kompas.com - 08/08/2021, 21:45 WIB
Ilustrasi batuk di musim hujan (Dok. Shutterstock)Ilustrasi batuk di musim hujan

KOMPAS.com - Walaupun sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, sejumlah penyintas yang masih mengalami batuk yang tak kunjung reda. Anda tak perlu khawatir karena Anda tak sendirian.

Penyintas Covid-19 yang mengalami batuk berkepanjangan biasanya merasakan gejala batuk sejak awal terinfeksi virus corona. Ini adalah pertanda bahwa tubuh sedang membantu penyembuhan paru-paru yang meradang.

Bahkan ketika sudah sembuh dari Covid-19, efeknya terkadang masih dirasakan.

Batuk pasca-Covid-19 bisa berupa batuk kering serta jenis batuk berdahak atau batuk produktif. Ini adalah bentuk refleks tubuh untuk membersihkan debu, dahak, atau sumber iritasi lain dari paru-paru dan tenggorokan.

Namun ada pula jenis batuk pasca-Covid-19 yang muncul karena infeksi virus merusak saraf sensorik di trakea, laring, atau tenggorokan. Kerusakan saraf tersebut membuat penyintas terus-menerus batuk.

Baca juga: 3 Hari Isolasi Mandiri karena Batuk Pilek, Pria Ini Ditemukan Meninggal, Ternyata Positif Covid-19

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari National Health Service (NHS) Inggris, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi batuk pasca-Covid-19. Perlu diingat, cara ini menyesuaikan jenis batuk yang anda alami.

Cara mengatasi batuk berdahak pasca-Covid-19

Para penyintas infeksi virus corona juga kerap merasakan batuk berdahak pasca-Covid-19. Kondisi ini tak jarang disertai napas jadi berbunyi atau mengi, sesak napas ringan, atau dada terasa sakit.

Kendati terasa mengganggu, dahak yang muncul bersama batuk dikeluarkan dari tubuh untuk membersihkan paru-paru dan mencegah pneumonia.

Untuk mengatasinya, coba beberapa cara berikut:

1. Latihan pernapasan dalam.

Caranya tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan selama tiga hitungan, baru buang napas perlahan dari mulut. Ulangi tiga sampai empat kali dan jangan dipaksakan apabila tidak nyaman

2. Latihan pernpasan rileks.

Caranya duduk dengan posisi tegak dan nyaman, lali ambil napas pelan-pelan selama 20-30 detik, kontrol pernapasan, dan rasakan apakah masih ada sesak. Ulangi sampai tiga kali

3. Latihan pernapasan cepat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.