Kompas.com - 07/08/2021, 17:45 WIB
Spotify kembali meluncurkan Original Podcast terbarunya, Nas Talks, dengan menggandeng video blogger Nuseir Yassin atau lebih dikenal dengan Nas Daily. SpotifySpotify kembali meluncurkan Original Podcast terbarunya, Nas Talks, dengan menggandeng video blogger Nuseir Yassin atau lebih dikenal dengan Nas Daily.

KOMPAS.com - Pengusaha muda Filipina dan pendiri Cacao Project, Louise de Guzman Mabulo, membongkar pengalaman tidak menyenangkan bersama vlogger Nas Daily Nuseir Yassin. Peristiwa itu terjadi ketika ia berkunjung ke kampung halamannya tahun 2019.

Dilansir Rappler, Louise mengklaim bahwa Nuseir sudah bersikap kasar, mengejek aksen dan bahasa lokal, serta hanya peduli iklan konten.

Peraih penghargaan Young Champions of the Earth oleh United Nations Environment Programme itu juga menuding Nuseir sebagai orang yang eksploitatif, serta memicu narasi neokolonialis menggunakan kebutuhan penduduk setempat agar mendapatkan validasi orang asing.

Sebenarnya, bagaimana awal mula perseteruan dua tokoh berpengaruh di jagad maya itu?

 

1. Dukung cucu artis legendaris asal Filipina, Whang-Od

Louise muncul tak lama setelah Nas Academy, sebuah platform pembelajaran online yang dipimpin Nuseir, ramai dikecam karena menawarkan sebuah kursus tato online.

Baca juga: Siap-siap, Dengarkan Nas Daily di Spotify Original Podcast Nas Talks

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kursus daring itu diklaim bekerja sama dengan artis legendaris, Whang-Od. Whang-Od tersohor karena menjaga Kalinga, sebuah metode rajah turun temurun oleh suku Butbot di Filipina.

Padahal cucu dan anak didiknya, Grace Palicas, mengatakan bahwa neneknya tersebut tidak menyetujuinya.

Nas Academy merespons dengan memposting video yang menunjukkan Whang-Od membubuhkan cap jempolnya pada apa yang tampak seperti kontrak. Walaupun realitanya, Grace sudah mengatakan bahwa neneknya tidak memahami penerjemah.

2. Ikut curhat soal pengalamannya dengan Nas Daily

Dalam posting Facebook 5 Agustus itu, Louise lantas mendukung cara Grace dengan membagikan pengalamannya sendiri dengan Nas Daily.

Ia lalu menceritakan saat Nuseir mengunjungi kampung halamannya untuk meliput usaha sosialnya, The Cacao Project.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.