Kompas.com - 06/08/2021, 22:38 WIB
Manajer level menengah semakin banyak yang khawatir kehilangan pekerjaan mereka di tengah pandemi Covid-19. Pexels via ABC IndonesiaManajer level menengah semakin banyak yang khawatir kehilangan pekerjaan mereka di tengah pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Dunia kerja selalu bergerak dinamis. Seiring kemajuan teknologi, jenis dan profesi pekerjaan juga semakin beragam. Setidaknya ada 10 pekerjaan yang diprediksi akan naik daun di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.

Melansir Kompas Edukasi, Selasa (3/8/2021), World Economic Forum (WEF) merilis laporan The Future Jobs yang berisi pekerjaan-pekerjaan yang diramalkan akan naik daun mulai tahun 2025.

WEF juga memperkirakan ada sekitar 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani tenaga manusia akan digantikan oleh mesin.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Orang Ekstrovert, Apa Saja?

Karena itu, mulai tahun 2025, WEF memperkirakan manusia akan bekerja berdampingan dengan mesin.

Lalu, apa 10 pekerjaan yang bisa menyesuaikan zaman dan akan semakin populer dalam kurun waktu 5 tahun mendatang di Indonesia? Berikut daftarnya:

10 pekerjaan yang bakal naik daun 5 tahun mendatang

1. Data Analysts and Scientists (data analyst and data scientist)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang data analyst bertugas mengolah data dan menyajikan data yang tersedia, sedangkan data scientist mencari cara untuk mendapatkan data dan menganalisisnya untuk digunakan oleh analis.

2.Spesialis AI and Machine Learning (artificial intelligence (AI) and machine learning specialist)

Pekerjaan yang satu ini bertugas memprogram mesin atau komputer yang dapat melakukan pekerjaan dan belajar seperti manusia, bahkan lebih baik dari hasil pekerjaan manusia.

3. Spesialis Big Data (Big Data specialist)

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.