Kompas.com - 06/08/2021, 16:10 WIB
ilustrasi masak mi instan. SHUTTERSTOCK/Ika Rahma Hilustrasi masak mi instan.

KOMPAS.com - Siapa yang tidak menyukai mi instan sebagai menu pilihan, karena rasanya yang enak, harga murah serta mudah untuk dimasak.

Namun, seringkali Anda mendengar isu bahwa mi instan mengandung lilin di bagian permukaannya untuk membuat mie tidak lengket saat dimasak.

Mitos yang beredar mengenai kandungan mi instan

Isu mengenai kandungan mi instan yang dilapisi lilin yang biasanya digunakan dalam wadah styrofoam tersebut sudah muncul sejak tahun 2016.

Kabarnya, tujuan lapisan lilin tersebut agar mi tidak menempel satu sama lain. Serta mi yang dimasak memiliki tampilan lebih mengilap dan menarik perhatian.

Tidak hanya itu, isu lainnya juga mie instan yang kita konsumsi membutuhkan dua hngga tiga hari bagi tubuh untuk membersihkan lilih tersebut.

Sehingga muncul anggapan bahwa mi instan setidaknya dimakan 3 hari sekali, sementara hika lebih dari itu dapat menyebabkan kanker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak masyarakat yang percaya mengenai isu-isu mengenai mi instan hingga hari ini. Namun semua pernyataan diatas ternyata adalah hoax dan hanya mitos belaka.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Mi Instan? Ini Faktanya

Lantas, bagaimana fakta sebenarnya mengenai mi instan?

Dilansir dari Kompas.com dari The Singapore Food Agency, isu yang telah disebutkan di atas adalah mitos dan tidak benar.

Menyebarkan isu tanpa berdasarkan fakta bisa memicu kebingungan di kalangan masyarakat. Ini bisa menyebabkan masyarakat tidak bisa membedakan mana yang fakta dan mana yang mitos.

Fakta sebenarnya, mi instan tidak mengandung lilin. Namun pengawetan mi instan dilakukan dengan dua cara, yaitu high heat treatment dan digoreng.

Mengawetkan dengan high heat treatment yaitu dengan memanfaatkan suhu tinggi untuk mengurangi kadar air di dalam mi.

Cara ini juga membuat permukaan mi melebar dan tampilan mi terlihat lebih mengilap.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.