Kompas.com - 06/08/2021, 12:36 WIB

KOMPAS.com - Kota Wuhan di China kembali dikejutkan dengan temuan kasus transmisi lokal Covid-19. Temuan ini menjadi yang pertama setelah setahun lebih Wuhan mencatatkan nol kasus Covid-19.

Seperti diberitakan Kompas.com yang melansir AFP, Selasa (3/8/2021), Pemerintah Kota Wuhan mengumumkan adanya tujuh kasus transmisi lokal Covid-19 pada Senin (2/8/2021). Kasus-kasus tersebut ditemukan pada pekerja migran di Wuhan.

Baca juga: Sempat Hilang, Data Kasus Awal Covid-19 di Wuhan Muncul Lagi, Ada Apa?

Dengan adanya temuan ini, Pemerintah Kota Wuhan akan melakukan tes massal kepada semua warganya.

Pejabat senior Wuhan, Li Tao, mengatakan, sebanyak 11 juta populasi Wuhan akan menjalani tes untuk mendeteksi infeksi corona.

Di sisi lain, Pemerintah China juga telah bergerak cepat dengan melarang warga keluar dari rumah, serta memutus jaringan transportasi domestik untuk mencegah penularan meluas.

Panic Buying

Adanya temuan kasus transmisi lokal Covid-19 ini tentu saja menghebohkan warga setempat. Warga Wuhan dilaporkan melakukan panic buying dengan menyerbu supermarket-supermarket terdekat.

Hal ini menyusul munculnya infeksi lokal yang membuat mereka berada dalam ancaman lockdown. Meski begitu pejabat setempat menyatakan, mereka bakal memastikan warga tidak panik, sembari menjaga harga dan pasokan kebutuhan tetap stabil.

Wuhan merupakan kota pertama yang mendeteksi kasus Covid-19 pada akhir 2019 lalu. Meski penyebab utama dan asal-usul Covid-19 masih belum bisa dipastikan, kota Wuhan sudah mencatatkan nol kasus virus corona sejak setahun lalu.

Keberhasilan mereka salah satunya karena penerapan lockdown selama 76 hari, yang kemudian banyak ditiru oleh negara-negara lain di dunia.

Karantina wilayah besar-besaran itu juga terjadi di seluruh China, membuat transmisi domestik menjadi nol, dan pelan-pelan berdampak positif ke ekonomi.

Baca juga: Covid-19 Kembali ke Wuhan, Warga Pun Panic Buying

Inilah suasana saat warga Wuhan, China, berbondong-bondong menyerbu supermarket di tengah kembalinya kasus lokal Covid-19 ke tempat mereka. Warga Wuhan melakukan panic buying di tengah ancaman mereka akan kembali lockdown guna menangkap penularan.AFP via The Sun Inilah suasana saat warga Wuhan, China, berbondong-bondong menyerbu supermarket di tengah kembalinya kasus lokal Covid-19 ke tempat mereka. Warga Wuhan melakukan panic buying di tengah ancaman mereka akan kembali lockdown guna menangkap penularan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.