Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Bercak Hitam pada Daun Tanaman Hias

Kompas.com - 06/08/2021, 12:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Merawat tanaman hias memang tidak sulit, namun tidak bisa dikatakan mudah juga.

Tanaman hias kerap mengalami beberapa masalah yang harus segera diatasi, salah satunya bercak hitam pada daun. Tak semua jenis tanaman rentan terkena masalah ini, namun beberapa di antaranya sangat mudah terjangkit masalah tersebut.

Dikutip dari Smart Garden Guide melalui KOMPAS.com, jamur atau hama seringkali jadi penyebab munculnya bintik atau bercak hitam pada daun tanaman hias.

Penyebab lainnya yang juga bisa menyebabkan masalah tersebut adalah penyiraman tanaman yang berlebihan. Sementara itu, beberapa penyebab yang jarang terjadi adalah infeksi bakteri atau virus, penuaan, atau defisiensi nutrisi.

Bercak hitam memang tidak akan membuat tanaman mati, namun hal ini bisa membuat daun menjadi rusak.

Ukuran bercak hitam itupun beragam dengan bentuk yang berbeda juga. Daun baru tidak akan mengalami masalah serupa asalkan penyebab bercak hitam telah teratasi.

Baca juga: Abu Rokok Bantu Tanaman Hias Tumbuh Subur dan Sehat

Cara mencegah bercak hitam pada daun adalah dengan menjaga tanaman tetap sehat. Tanaman hias yang kuat tidak hanya lebih tahan, tetapi juga akan pulih dan lebih cepat mengganti daun yang rusak dengan daun baru.

Berikut ini 5 penyebab bercak hitam pada daun tanaman hias:

1. Hama

Penyebab bercak hitam pada daun tanaman hias yang pertama adalah serangan hama. Beberapa hama yang umumnya menjadi penyebab masalah ini yakni kutu daun, kutu putih, tungau laba-laba, scale, thrips, agas, dan tungau akar.

Cara mengatasinya, pangkas daun yang rusak dan membuangnya secara aman. Gunakan juga minyak nimba, alkohol gosok, dan tanah diatom sebagai pestisida pembasmi hama.

2. Bakteri dan jamur

Bakteri dan virus juga bisa menjadi penyebab bercak hitam pada daun tanaman hias. Jenis tanaman apapun lebih rentan terhadap infeksi saat dalam kondisi stres.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memangkas daun yang menunjukkan gejala dan musnahkan dengan aman untuk menghindari kontaminasi lebih lanjut.

Baca juga: 6 Penyebab, Tanda-Tanda dan Cara Mencegah Tanaman Kaktus Agar Tak Mati

3. Usia

Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com