Kompas.com - 06/08/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi tempe dan tahu bacem. SHUTTERSTOCK/DANY KURNIAWANIlustrasi tempe dan tahu bacem.

KOMPAS.com - Tahu dan tempe sepertinya telah menjadi salah satu kuliner khas Indonesia.

Saking akrabnya dengan dua makanan tersebut, terdapat banyak jenis masakan Tanah Air yang memakai tahu atau tempe sebagai bahan dasarnya.

Seperti yang diketahui, tahu dan tempe bisa menjadi solusi untuk mendapatkan protein nabati yang murah, bergizi, namun lezat.

Meski sama-sama terbuat dari kacang kedelai dan menawarkan manfaat kesehatan yang serupa, namun kedua makanan ini memiliki rasa, tekstur, dan profil nutrisi yang berbeda.

Bahkan cara membuatnya pun berbeda. Saat membuat tahu, susu kedelai harus digumpalkan dan ditekan terlebih dahulu hingga berubah menjadi balok-balok putih padat.

Sementara itu, tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi dan dipadatkan. Tak hanya kedelai, biji-bijian lain juga bisa dijadikan bahan baku pembuatan tempe.

Baca juga: Daftar Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahu dan tempe bahkan bisa menjadi alternatif pengganti daging, karena kandungan gizi dan rasanya yang lezat meski diolah menjadi berbagai hidangan istimewa.

Kandungan nutrisi tahu dan tempe

Tahu dan tempe sama-sama mengandung berbagai macam nutrisi. 3 ons tahu mengandung 80 kalori, 8 gram protein, 2 gram karbohidrat, 2 gram serat, 5 gram lemak, kalsium, zat bsi, kalium, dan sodium.

Sedangkan 3 ons tempe mengandung 140 kalori, 16 gram protein, 10 gram karbohidrat, 7 gram serat, 5 gram lemak, kalsium, zat besi, kalium, dan sodium.

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, ada beberapa perbedaan penting antara tahu dan tempe meski keduanya tampak memiliki kandungan nutrisi yang serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.