Soal Kasus Positif Covid-19 pada Harimau, Ini Saran PDHI

Kompas.com - 05/08/2021, 06:45 WIB
Salah satu Harimau Sumatra yang terpapar COVID-19, Tino berada di dalam kandang di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Minggu (1/8/2021). Dua Harimau Sumatra penghuni Taman Margasatwa Ragunan, Hari dan Tino yang didiagnosis positif COVID-19 pada 15 Juli lalu saat ini kondisinya sudah mulai membaik setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter. ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoSalah satu Harimau Sumatra yang terpapar COVID-19, Tino berada di dalam kandang di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Minggu (1/8/2021). Dua Harimau Sumatra penghuni Taman Margasatwa Ragunan, Hari dan Tino yang didiagnosis positif COVID-19 pada 15 Juli lalu saat ini kondisinya sudah mulai membaik setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter.

KOMPAS.com - Dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dinyatakan positif Covid-19 pada 15 Juli 2021.

Dokter hewan yang menangani harimau tersebut, Endah Rumiyati menjelaskan, kedua harimau ini kemungkinan terpapar dari perawat mereka yang mungkin saja lebih dulu terpapar Covid-19.

Meski sampai saat ini belum ada kasus Covid-19 di antara para perawat harimau yang diberi nama Tino dan Hari itu.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, kedua harimau itu langsung diobati dan diisolasi. Pengobatan dilakukan dengan memberikan antibiotik, antihistamin, antiradang, dan multivitamin.

Baca juga: Harimau Ragunan Positif Covid-19, Ini Gejala Covid-19 pada Hewan

Covid-19 bisa menular pada hewan

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Muhammad Munawaroh mengatakan, Covid-19 memang bisa menular pada hewan.

Berdasarkan data The World Organisation for Animal Health (OIE), Munawaroh menyebutkan, sejumlah hewan tertular Covid-19 adalah anjing, kucing, ming, leopard, singa, harimau, dan gorila.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Artinya, hewan-hewan itu bisa tertular Covid-19 dari manusia," kata Munawaroh saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Oleh karena itu, ia memberikan sejumlah saran untuk mengantisipasi penularan Covid-19 pada hewan.

Pertama, hewan-hewan yang dipelihara harus divaksin lengkap untuk mendapat kekebalan tubuh.

"Beda dari vaksin yang diberikan kepada manusia. Bawa ke dokter hewan, pasti sudah tersedia," ujar dia.

Baca juga: OIE: Kasus Hewan Terinfeksi Covid-19 Tercatat di 30 Negara

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.