OIE: Kasus Hewan Terinfeksi Covid-19 Tercatat di 30 Negara

Kompas.com - 03/08/2021, 15:30 WIB
Salah satu Harimau Sumatra yang terpapar COVID-19, Tino berada di dalam kandang Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Minggu (1/8/2021). Dua Harimau Sumatra penghuni Taman Margasatwa Ragunan, Hari dan Tino yang didiagnosis positif COVID-19 pada 15 Juli lalu saat ini kondisinya sudah mulai membaik setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa. ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoSalah satu Harimau Sumatra yang terpapar COVID-19, Tino berada di dalam kandang Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Minggu (1/8/2021). Dua Harimau Sumatra penghuni Taman Margasatwa Ragunan, Hari dan Tino yang didiagnosis positif COVID-19 pada 15 Juli lalu saat ini kondisinya sudah mulai membaik setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

KOMPAS.com - Virus corona penyebab Covid-19 tak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga hewan.

Di Indonesia, dua harimau Taman Margasatwa Ragunan terpapar Covid-19 sejak 15 Juli 2021.

Harimau bernama Tino dan Hari ini kini sedang menjalani perawatan khusus.

Kasus satwa yang terpapar Covid-19 tak hanya terjadi di Indonesia. Kasus serupa juga terjadi di berbagai negara di dunia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan)

Baca juga: Kronologi Dua Harimau Sumatera di Ragunan Terinfeksi Covid-19

Jenis hewan yang terinfeksi

Melansir Nature, Selasa (2/3/2021), ketika pandemi melanda pada 2020, para peneliti mulai mengalihkan perhatian mereka ke hewan lain yang secara genetik terkait erat dengan manusia, hidup dalam kontak dekat dengan manusia atau dikenal sebagai sumber wabah virus lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eksperimen laboratorium sempat mengesampingkan gerombolan inang potensial, seperti tikus bank (Myodes silau) dan rakun, serta hewan ternak seperti sapi, bebek, dan ayam, yang semuanya tampak resisten terhadap infeksi.

Akan tetapi, percobaan semakin dikembangkan dan menemukan bahwa banyak hewan yang bisa jadi pembawa virus dan menularkannya.

Diantaranya adalah musang, kucing, anjing rakun (Nyctereutes procyonoides), rusa berekor putih (Odocoileus virginianus) dan beberapa spesies primata non-manusia.

Hewan yang sering berinteraksi dengan manusia memiliki risiko lebih besar daripada hewan liar.

Berdasarkan catatan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) per 31 Mei 2021, hewan yang dilaporkan terinfeksi Covid-19 meliputi kucing, anjing, cerpelai, berang-berang, musang peliharaan, singa, harimau, puma, macan tutul salju dan gorila.

Baca juga: Harimau Ragunan Positif Covid-19, Ini Gejala Covid-19 pada Hewan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.