Kondisi Parah Baru ke RS, Penyebab Tingginya Angka Kematian Covid-19

Kompas.com - 03/08/2021, 09:00 WIB
Suasana pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Kamis (24/6/2021). Dari tiga hektar lahan tempat pemakaman Covid-19, sudah terisi hingga 900 petak. Hingga siang petugas TPU Rorotan memakamkan tak kurang dari 50 jenazah Covid-19. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Kamis (24/6/2021). Dari tiga hektar lahan tempat pemakaman Covid-19, sudah terisi hingga 900 petak. Hingga siang petugas TPU Rorotan memakamkan tak kurang dari 50 jenazah Covid-19.

KOMPAS.com - Indonesia kembali menjadi negara dengan angka kematian harian tertinggi di dunia.

Berdasarkan catatan Worldometer, Senin (2/8/2021), angka kematian harian di Indonesia sebanyak 1.568 kasus dari total 97.291 kasus kematian akibat Covid-19.

Angka ini lebih dari dua kali angka kematian Rusia yang ada di urutan kedua.

Lantas, apa yang menyebabkan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia tinggi?

Baca juga: Penyebab Banyaknya Kematian Pasien Isoman Menurut Satgas Covid-19

Kematian di IGD meningkat

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan bahwa rata-rata lama rawat inap pasien Covid-19 di rumah sakit semakin singkat, sebelum akhirnya pasien meninggal.

"Bahwa kematian itu terjadi kalau sebelumnya rata-rata 8 hari dirawat, sekarang 4,5 hari sudah wafat rata-rata, lebih cepat," ujar Budi melalui jumpa pers virtual, Senin (2/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata pasien yang meninggal sebagian besar terjadi di ruang instalasi gawat darurat (IGD).

"Dulu kematian di IGD itu hampir tidak ada, sedikit sekali," tutur dia.

Biasanya, saat orang yang sakit pertama kali datang, maka akan dirawat di IGD. Kemudian tenaga medis akan memeriksanya dan pasien menunggu untuk mendapatkan kamar.

Apabila kondisi pasien memburuk, maka akan dibawa ke Intensive Care Unit (ICU). Sebelumnya, sebagian kasus kematian terjadi di ICU atau di kamar isolasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.