Memaknai Kibaran Bendera Putih di Tengah Pandemi di Indonesia

Kompas.com - 02/08/2021, 06:06 WIB
Bendera putih dipasang disepanjang jalan Malioboro tanda PKL menyerah hadapi pandemi, Jumat (30/7/2021) KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWOBendera putih dipasang disepanjang jalan Malioboro tanda PKL menyerah hadapi pandemi, Jumat (30/7/2021)

Hitam putih adalah harmoni, bukan untuk saling membenci.
Layaknya papan catur, tak akan ada permainan jika hanya ada satu warna.

Selarik kata bijak tentang warna yang pengarangnya anonim ini menyiratkan pesan untuk tidak mendikotomikan perbedaan. Apalagi sekedar warna.

Padahal, warna adalah karunia Sang Pencipta yang membuat kehidupan menjadi berwarna, indah, tidak monoton serta menarik.

Dari kacamata sains, warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan oleh panjang gelombang cahaya tersebut.

Misalnya, warna merah memiliki panjang gelombang 680 nanometer, kuning berpanjang gelombang 550 nanometer atau warna biru berada di panjang gelombang 460 nanometer. Setiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda.

Putih sebagai simbol budaya

Warna putih bermakna aman, murni, dan bersih. Sebagai lawan dari warna hitam, putih biasanya mempunyai makna konotasi yang positif. Warna putih dapat melambangkan keberhasilan.

Warna putih sering dihubungkan dengan terang, kebaikan, kemurnian, kesucian, dan keperawanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itulah sebabnya, orang-orang yang melangsungkan perkawinan biasa menggunakan baju berwarna putih, meskipun belum tentu orang yang mengenakannya itu masih perawan atau tidak (Zuhriah, 2018).

Selain itu, warna putih juga bisa menjadi ikon, indeks dan sekaligus simbol jika dikaitkan dengan makna kematian. Putih bisa menjadi ikon bagi orang yang meninggal dengan melihat keserupaan warna putih dengan kain kafan pembungkus mayat.

Putih juga bisa menjadi ikon karena tanda tersebut memberikan petunjuk bagi orang yang akan melayat dan bahkan menjadi simbol kematian karena tanda tersebut sudah disepakati oleh masyarakat di Sulawesi Selatan.

Simbol ini tentu saja berbeda dengan daerah lain yang ada di Indonesia seperti Jawa dan Gorontalo.

Kain atau bendera putih juga digunakan sebagai simbol gencatan senjata atau menyerah terhadap lawan di Eropa sejak zaman Romawi dan di Tiongkok Kuno (Allan, 2009).

Warna sebagai identitas politik

Di era Orde Baru berkuasa, simbol warna kuning begitu diagungkan dan dikeramatkan karena menggambarkan stabilitas kekuasaan.

Warna hijau dan merah yang awalnya hanya dimaksudkan sebagai asesoris demokrasi, ternyata dalam perjalanannya berubah menjadi ancaman.

Warna kuning dalam hal ini menyimbolkan Golongan Karya – yang sedari awal mengklaim bukan partai politik tetapi kumpulan dari organisasi karya, hijau merujuk pada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta merah untuk Partai Demokrasi Indonesia (PDI).

Ketika raihan suara PPP semakin bertambah di setiap pemilihan umum (Pemilu) dan dianggap menjadi peletup kerusuhan kampanye Golkar di Lapangan, Banteng, Jakarta, pada 18 Maret 1982, maka warna hijau menjadi “musuh” rezim ketika itu.

Hijau phobia kerap didengungkan pemegang kekuasaan dan kalimat “jangan sampai Senayan dihijaukan” menjadi mantra aparatur negara untuk menyingkirkan PPP.

Sebaliknya ketika keluarga Soekarno mulai aktif lagi di kancah politik jelang Pemilu 1987, suasana kampanye PDI di mana-mana selalu marak.

Kibaran bendera merah terbentang di seantero tanah air walau dilakukan dengan takut-takut dan tanpa perintah sama sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.