[HOAKS] Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi Seharga Rp 12 M Dibeli Saat Negara Sedang Krisis

Kompas.com - 01/08/2021, 19:31 WIB
Tangkapan layar unggahan menyebut mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp 12 miliar dibeli saat negara sedang mengalami krisis seperti saat ini. FACEBOOKTangkapan layar unggahan menyebut mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp 12 miliar dibeli saat negara sedang mengalami krisis seperti saat ini.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebut mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp 12 miliar dibeli saat negara sedang mengalami krisis seperti saat ini.

Situasi krisis di sini dapat dipahami sebagai krisis kesehatan karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut adalah tidak benar.

Narasi yang beredar

Akun Facebook yang menyebarkan informasi itu salah satunya adalah akun berinisial AA, pada 29 Juli 2021.

Dia membagikan tangkapan layar dari unggahan akun Facebook berinisial DSS berisi gambar seorang yang diklaim sebagai Presiden Jokowi sedang duduk di dalam mobil mewah.

Dalam narasinya, akun DSS mengklaim bahwa Presiden membeli mobil dinas baru bermerek Mercy atau Mercedes-Benz Pullman Guard C 600, seharga Rp 12 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan hanya tangkapan layar, akun AA juga menyertakan narasi yang menerangkan bahwa mobil dinas baru Presiden tersebut dibeli saat keadaan Indonesia sedang mengalami krisis seperti saat ini.

Walau tidak menyebutkannya secara gamblang, klaim krisis ini dapat diartikan sebagai krisis kesehatan karena pandemi Covid-19 mengacu tanggal pada saat unggahan tersebut dibagikan, yakni 29 Juli 2021.

Berikut narasinya:

"Hebatnya Pemimpin Negeri Ini.. Yang Katanya Merakyat Ternyata Bisa Membeli Mobil Yang Seharga Cukup Pantastis Rp 12 M, Dalam Keadaan Negeri Yang Sedang Krisis Seperti Saat Ini, Banyaknya Rakyat Yang Mati Kelaparan Dan Pegawai Yang Di Pehaka.

Bahkan Akhir2 Ini Tidak Sedikit Rakyat Yang Mengakhiri Hidupnya Karena Alasan Ekonomi.. Sungguh Miriz Negeri Ku Yang Mempunyai Pemimpin Tetapi Tidak Pernah Peduli Dengan Penderitaan Dan Kesusahan Rakyatnya Sendiri".

Hingga Minggu (1/8/2021), unggahan milik akun AA tersebut telah disukai 264 kali, dikomentari 46 kali, dan dibagikan 37 kali oleh warganet.

Tangkapan layar unggahan yang menyebut mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp 12 miliar dibeli saat negara sedang mengalami krisis seperti saat ini.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan yang menyebut mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp 12 miliar dibeli saat negara sedang mengalami krisis seperti saat ini.

Penelusuran Kompas.com

Ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi terkait beredarnya klaim tersebut.

  • Pertama, soal gambar seorang yang menyerupai Presiden Jokowi sedang duduk di dalam mobil mewah.
  • Kedua, mengenai klaim mobil dinas tersebut dibeli saat Indonesia dalam situasi krisis seperti saat ini, yakni krisis kesehatan imbas pandemi Covid-19.
  • Ketiga, benarkah mobil dinas baru Presiden Jokowi berjenis Mercedes-Benz Pullman Guard C 600 seharga Rp 12 miliar?

Siapa yang duduk di dalam mobil mewah tersebut?

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.