Kompas.com - 01/08/2021, 18:19 WIB
Ilustrasi kesemutan freepikIlustrasi kesemutan

KOMPAS.com - Kesemutan merupakan sensasi geli, merinding, mati rasa, atau sakit seperti ditusuk jarum pada bagian tubuh tertentu.

Biasanya kesemutan terjadi pada kaki, tangan, pundak, atau bagian tubuh lainnya. Kondisi yang dalam dunia medis dikenal dengan sebutan paresthesia ini terbagi menjadi dua jenis, sementara dan berkepanjangan.

Seperti namanya, kesemutan sementara terjadi hanya dalam waktu singkat. Biasanya kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan pada saraf bagian tubuh dalam waktu yang cukup lama, namun akan hilang dalam waktu singkat.

Sementara kesemutan berkepanjangan biasanya berlangsung sangat lama dan membutuhkan penanganan tim medis.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (22/9/2020), berikut beberapa penyakit yang ditandai dengan munculnya gejala kesemutan.

Baca juga: Harimau Ragunan Positif Covid-19, Ini Gejala Covid-19 pada Hewan

1. Cedera saraf

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesemutan bisa menjadi tanda adanya masalah atau cedera saraf. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, mulai dari saraf kejepit, saraf rusak, hingga saraf hancur.

Jika mengalami hal ini, cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan konsultasi kepada dokter. Dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan fisik, merekomendasikan tes darah, CT scan, MRI, serta biopsi saraf.

2. Penyakit autoimun

Kesemutan juga bisa jadi tanda penyakit autoimun. Penyakit ini memang dapat menyebabkan peradangan kronis.

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.