Harimau Ragunan Positif, Hewan Apa Saja yang Bisa Terpapar Covid-19?

Kompas.com - 01/08/2021, 14:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi harimau Sumatra yang terpapar Covid-19 di Raman Margasatwa Ragunan, Minggu (1/8/2021) Dok Instagram @aniesbaswedanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi harimau Sumatra yang terpapar Covid-19 di Raman Margasatwa Ragunan, Minggu (1/8/2021)

KOMPAS.com - Dua ekor Harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan, Tino dan Hari, dinyatakan terpapar Covid-19. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengabarkan keduanya masih berada dalam perawatan khusus sejak terinfeksi 15 Juli 2021.

Anies mengatakan, dua harimau itu ditemukan bergejala Covid-19 tiga pekan lalu dan gejalanya mirip dengan yang diderita manusia. "Yaitu flu, lemas dan sesak nafas," kata Anies dalam unggahan instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (1/8/2021).

SARS-CoV-2 menyebar terutama melalui penularan dari manusia ke manusia, tetapi ada sejumlah bukti penularan antara manusia ke hewan.

Sejak awal pandemi pada tahun 2020 silam, beberapa hewan telah dilaporkan terinfeksi virus SARS-CoV-2 ini. Tak hanya hewan peliharaan, hewan liar pun juga rentan terpapar Covid-19.

Apa saja hewan yang sudah berpengalaman terinfeksi virus ini? Berikut rangkuman Kompas.com dari berbagai sumber:

Baca juga: Harimau Ragunan Positif Covid-19, Begini Gejalanya pada Hewan

1. Anjing

Dilansir dari South China Morning Post, Hong Kong pertama kali melaporkan kasus infeksi Covid-19 di dunia pada anjing peliharaan pada akhir Februari 2020. Hewan itu ialah anjing jenis Pomeranian berusia 17 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anjing malang itu milik seorang pasien Covid-19, yang kemudian mati karena penyebab yang tidak diketahui. Empat kucing dan satu anjing lainnya kemudian dites dan hasilnya mereka ikut positif tertular empunya.

Bulan Juli di tahun yang sama, ditemukan kasus positif Covid-19 pada seekor anjing terrier Yorkshire dan kucing bulu pendek Skotlandia di Tsuen Wan dan Sham Shui Po.

Pemiliknya adalah kontak dekat pasien terkonfirmasi Covid-19.

2. Kucing 

Di Inggris, seekor kucing peliharaan tak sengaja terdeteksi positif tertular Covid-19 pada Juli 2020.

Halaman:

Sumber CNN,BBC,SCMP,WHO
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.