Benarkah Covid-19 Bisa Menular dari Jenazah? Begini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 01/08/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi COVID-19 Ilustrasi COVID-19

KOMPAS.com - Sejak awal pandemi Covid-19 melanda dunia, salah satu pertanyaan yang paling banyak dilontarkan adalah "apakah virus Corona bisa menular dari orang yang sudah meninggal dunia akibat Covid-19?"

Dikutip dari laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad), ahli kedokteran forensik Unpad, Yoni Fuadah Syukriani mengatakan, hingga saat ini belum ada bukti kuat bahwa Covid-19 bisa menular dari jenazah ke orang hidup.

"Beberapa referensi studi sudah ada. Hanya saja, belum ada yang mampu menyimpulkan bahwa Covid-19 bisa menular dari jenazah," kata Yoni.

Sebelumnya, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa virus Corona bisa bertahan selama 4 jam di tubuh orang yang sudah meninggal. Sedangkan di cairan tubuh, virus ini bisa bertahan hingga 3-4 hari.

Studi terbaru pun membuktikan, hasil uji swab yang dilakukan kepada jenazah yang sudah 35 hari dimasukkan ke kulkas jenazah masih positif.

Baca juga: Penjelasan Ahli Mengapa Corona Varian Delta Sangat Menular

Akan tetapi, menurut Yoni, penelitian tersebut belum dapat membuktikan banyak hal karena masih dilakukan dalam waktu singkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“So far, baru satu tahun setengah penelitian yang sudah dilakukan. Dalam ilmu kedokteran, itu adalah waktu yang sangat singkat dan belum dapat mengungkap banyak hal,” ujar Yoni.

Meski begitu, Yoni tetap menegaskan kepada petugas yang terlibat dalam proses pemulasaraan maupun keluarga yang ditinggalkan tetap waspada terhadap potensi penularan.

Sementara itu, Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Unpad, Deni K. Sunjaya menambahkan, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam proses pemakaman jenazah kasus Covid-19.

Pertama, pencegahan dan pengendalian infeksi, kedua, persoalan etika. Dengan begitu, jenazah yang sudah dilakukan pemulasaraan dengan protokol Covid-19 bisa dimakamkan di pemakaman umum yang sudah memenuhi syarat.

Baca juga: Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Daging Kurban? Ini Kata Ahli

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.