Besok Diumumkan, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021

Kompas.com - 01/08/2021, 07:43 WIB
Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021

KOMPAS.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah melewati masa pendaftaran. Tahapan selanjutnya yakni pengumuman hasil seleksi administrasi.

Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, pengumuman seleksi hasil administrasi CPNS dan PPPK akan diumumkan pada 2-3 Agustus 2021.

Pengumuman hasil seleksi administrasi bisa dilihat di portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni sscasn.bkn.go.id

Baca juga: 10 Instansi dengan Pelamar Terbanyak dan Paling Sedikit CPNS 2021

Lalu bagaimana cara cek hasil seleksi administrasi CPNS 2021 tersebut? Bagi kamu yang sudah mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS 2021 bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/
  • Klik menu "Login" yang ada di pojok kanan atas Isi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password
  • Klik "Masuk"
  • Apabila pelamar dinyatakan lolos, maka sistem SSCASN akan memuat pesan yang menyatakan kelulusan pelamar dalam seleksi administrasi CPNS 2021
  • Terakhir, peserta yang lolos tinggal mengunduh kartu ujian.

Masa sanggah

Bagi peserta seleksi yang dinyatakan gagal lolos dan merasa keberatan dengan hasil tersebut, BKN memfasilitasinya dengan membuka masa sanggah.

Para peserta seleksi diberi waktu selama tiga hari di periode masa sanggah untuk melakukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadwal masa sanggah yakni mulai tanggal 4-6 Agustus 2021. Sedangkan untuk periode awab sanggah akan berlangsung pada 4-13 Agustus 2021. Adapun pengumuman pasca-sanggah dilakukan pada 15 Agustus 2021.

Baca juga: Apa Itu Masa Sanggah CPNS dan Bagaimana Mekanismenya?

Untuk mengajukan sanggahan caranya adalah sebagai berikut:

  • Login ke halaman SSCN di https://sscasn.bkn.go.id,
  • Lalu isikan sanggahannya dengan menjabarkan kronologis dan mengunggah bukti dukung yang diperlukan.

Setelah tahapan pengumuman pasca-sanggah, peserta seleksi yang lolos akan memasuki tahapan ujian. Untuk tahapan ujian CPNS 2021 ini meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dan bila lolos akan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKD adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang PNS Republik Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.