Penyebab dan Cara Mudah Atasi Koneksi WhatsApp Web yang Terputus

Kompas.com - 31/07/2021, 12:00 WIB
ilustrasi aplikasi WhatsApp businessinsider.comilustrasi aplikasi WhatsApp

KOMPAS.com - Berkordinasi dengan rekan kerja melalui WhatsApp sekarang menjadi hal yang biasa. Tanpa terus-terusan menatap layar ponsel, kita bisa menggunakan WhatsApp di perangkat PC atau WhatsApp Web.

Cara ini sangat membantu agar konsentrasi tak terpecah selama bekerja. Terlebih lagi kordinasi seringkali efektif jika dilakukan di depan layar komputer, bukan ponsel.

Selain itu, Anda pun tidak perlu mengunduh file atau meng-instal apa pun di PC untuk dapat menggunakan WhatsApp web. Yakni cukup dengan membuka browser (peramban) internet.

Nah, terkadang kita mengalami gangguan koneksi saat mengakses WhatsApp Web. Tiba-tiba saja pesan tidak muncul di layar.

Sebenarnya, ada beberapa masalah umum yang menyebabkan mengapa Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan di WhatsApp Web atau Desktop. Biasanya ini berkaitan dengan ponsel, komputer, atau koneksi Wi-Fi Anda.

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Pakai WhatsApp Web di Komputer

Masalah koneksi telepon

Jika Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan di WhatsApp dari ponsel Anda, maka Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp Web atau Desktop di komputer Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buka WhatsApp di ponsel dan cobalah mengirim pesan.

Jika Anda dapat mengirim pesan WhatsApp dari ponsel Anda, coba gunakan WhatsApp Web atau Desktop di komputer Anda lagi. Jika Anda masih mengalami masalah dalam mengirim atau menerima pesan, Anda mungkin memiliki masalah koneksi dengan komputer Anda.

Masalah koneksi komputer

Untuk menggunakan WhatsApp Web atau Desktop, Anda harus memiliki koneksi Internet yang kuat dan stabil di komputer Anda. Jika Anda melihat spanduk kuning di atas daftar obrolan Anda dengan pesan kesalahan "Komputer tidak terhubung", periksa untuk memastikan koneksi internet komputer Anda aktif.

Baca juga: WhatsApp Web Bakal Punya Fitur Mirip Zoom

Jika koneksi Internet komputer Anda berfungsi normal dan Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan, refresh (segarkan) halaman jika Anda menggunakan WhatsApp Web.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.