Kompas.com - 31/07/2021, 09:32 WIB
Ilustrasi tanaman alocasia reginula atau alocasia black velvet. SHUTTERSTOCK/PORNPAN SANGKARATIlustrasi tanaman alocasia reginula atau alocasia black velvet.

KOMPAS.com - Alocasia yang subur dan sehat tentu dambaan para pecinta tanaman hias. Ditambah lagi, jika pertumbuhannya cukup cepat, tentu akan semakin menyenangkan.

Akan tetapi, membuat Alocasia tumbuh subur dan sehat bukanlah perkara mudah. Pemilik harus telaten, sabar, dan melakukan hal lainnya secara tepat.

Dilansir dari kanal YouTube Tanam-Tanam melalui KOMPAS.com, cara membuat tanaman Alocasia tumbuh subur dan sehat adalah repotting atau proses pergantian pot.

Seiring pertumbuhannya, tanaman Alocasia perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar, setidaknya, empat sampai enam bulan sekali.

Selain itu, repotting Alocasia bisa dilakukan saat akar tanaman mulai keluar dari pot atau ketika wadah sudah tidak cukup menampung pertumbuhannya lagi.

Baca juga: 6 Alasan Harga Tanaman Porang Mahal Menurut Pakar IPB

Cara repotting tanaman Alocasia

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dalam proses repotting Alocasia, yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Siapkan pot yang lebih besar

Langkah pertama repotting Alocasia adalah menyiapkan pot atau wadah baru yang lebih besar. Gunakan pot yang ukurannya dua kali lebih besar dari pot sebelumnya.

2. Isi pot dengan media tanam

Setelah menyiapkan pot baru, kini saatnya memasukkan media tanam. Pilih media tanam terbaik untuk tanaman Alocasia, seperti dua bagian sekam bakar, dua bagian pakis cacah, dua bagian sabut kelapa, satu bagian hydroton, satu bagian pasir malang, satu bagian cocopeat, dan setengah bagian vermicompost.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.