Rumah Beraroma Jamur? Singkirkan dengan Cara Berikut Ini

Kompas.com - 27/07/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi ruang tamu Unsplash/Francesca TosoliniIlustrasi ruang tamu

KOMPAS.com - Beberapa sudut rumah riskan ditumbuhi jamur, terutama area yang lembab dan tak pernah tersiram sinar matahari.

Seperti di bawah karpet, dinding di balik lemari pakaian, dan kolong kasur juga perabotan rumah yang tak pernah dipindah-pindah letaknya.

Jika jamur sudah tumbuh, dinding dan lantai akan dihiasi kerak-kerak lembab kehitaman. Selain tampilan visual yang menganggu, akan ada pula bau apek yang menyeruak kesana kemari. 

Untuk menghilangkan aroma lembab dan apek yang menganggu ini Anda harus melakukan beberapa langkah pencegahan dan pembersihan.

Dilansir dari CNN, ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan:

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Taplak Meja dari Noda Makanan

1. Telusuri sarang jamur yang ada

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi membersihkan rumahshutterstock Ilustrasi membersihkan rumah
Meski tak mengancam kesehatan, namun tumbuhnya jamur di dinding dan lantai rumah akan sangat meredahkan karena mengeluarkan polusi udara.

Jamur sendiri adalah makhluk hidup yang sudah hidup ribuan tahun lamanya. Jamur bisa hidup di mana saja. Ia hanya membutuhkan kelembaban dan makanan. 

Jadi ketika akan mengatasi bau perabotan rumah yang berjamur, Anda harus mencermati area rumah mana saja yang memiliki kelembaban tinggi.

Seperti kamar mandi, dapur, garasi, basement, dinding yang melekat dengan perabotan berat, atau dinding di dekat pipa air yang bocor.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.