Jika Pendaftaran Hak Merek Ditolak, Lakukan Langkah Berikut Ini

Kompas.com - 27/07/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi merek Unsplash/SlidebeanIlustrasi merek

KOMPAS.com - Semua produk haruslah memiliki merek. Merek adalah tanda pengenal yang bisa membedakan satu produk dengan produk lain.

Dalam mendaftarkan merek ke Direktoral Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), ada beberapa ketentuan yang harus ditaati.

Pertama, merek hendaknya tidak bertentangan dengan ideologi negara, peraturan perundangan-undangan, moralitas maupun agama.

Kedua, merek tidak memuat unsur yang dapat menyesatkan masyarakat. Ketiga, merek tidak memakai nama varietas tanaman yang dilindungi, 

Terakhir, merek juga tidak boleh memuat keterangan yang tidak sesuai dengan kualitas, manfaat dan khasiat yang sebenarnya.

Setelah semua ketentuan ditaati dan syarat dipenuhi, pendaftaran pun bisa mulai dilakukan. Namun sayang, karena beberapa faktor, pendaftaran permohonan merek ini bisa mendapat usulan penolakan.

Ketika permohonan merek ditolak, jangan langsung patah semangat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari laman Instagram resmi DJKI Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, ini adalah yang bisa Anda lakukan jika permohonan merek mendapat usulan penolakan:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DJKI Indonesia (@djki.kemenkumham)

1. Meyakinkan pemeriksa merek DJKI

Ketika mendapatkan usulan penolakan akan permohonan merek, tanggapi usulan tersebut dengan argumentasi atau bukti-bukti yang meyakinkan pemeriksa kalau permohonan  merek Anda layak diterima. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.