Sudah Sembuh dan Tidak Bergejala, Kenapa Dites PCR Masih Positif Covid-19?

Kompas.com - 25/07/2021, 14:28 WIB
Ilustrasi virus corona menyebabkan pembekuan darah. SHUTTERSTOCK/Design_CellsIlustrasi virus corona menyebabkan pembekuan darah.

KOMPAS.com - Pertanyaan seputar hasil tes PCR banyak ditanyakan dan selalu jadi perbincangan ramai di media sosial.

Salah satu yang ramai diperbincangkan soal  tes PCR yang menunjukkan hasil positif Covid-19 meski sudah sembuh dari infeksi virus corona dan tidak bergejala. 

"Mohon maaf izin bertanya, jadi sebenarnya apakah bisa dan aman kalo sudah sembuh divaksin? Lalu sembuh ini dalam artian PCR telah negatif atau sudah selesai isoman dan tidak bergejala lagi? (Karena kan ada yang sudah sembuh tapi PCR tetap positif)," tulis sebuah akun Twitter, Kamis (22/7/2021).

Bagaimana penjelasan soal ini? Apa yang menyebabkan hasil tes PCR tetap positif meski sudah melewati masa isolasi dan dinyatakan sembuh?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, jika ada pasien yang baru sembuh dan hasil tesnya tetap positif, karena PCR mampu mendeteksi "bangkai" virus.  

"Iya, PCR bisa mendeteksi bangkai Covid-19. PCR ini sifatnya sangat sensitif, tapi tidak bisa membedakan apakah virusnya itu hidup atau sudah bangkai virus (virus mati)" ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/7/2021).

Ia menekankan, jika sudah menjalani isolasi mandiri selama kurang lebih 14 hari dan sudah tidak bergejala, maka tidak akan menularkan virus kepada orang lain meski hasil tes masih positif. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Meski sudah sembuh dan tidak bergejala, namun saat di PCR ternyata masih positif, maka ia tidak menularkan," kata Nadia.

Baca juga: Apakah Perlu Tes Swab Setelah 14 Hari Isolasi Mandiri?

Kapan pasien Covid-19 dinyatakan sembuh?

Kriteria pasien Covid-19 sembuh pada dasarnya adalah melalui pemeriksaan PCR dengan hasil negatif.

Namun, terkadang pasien yang telah melakukan perawatan Covid-19 dalam waktu lama masih dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan PCR.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.