Cerita Pedagang Pasang Bendera Putih, Tanda Menyerah dengan Pandemi

Kompas.com - 25/07/2021, 13:40 WIB
Sejumlah pedagang kaki lima di Rangkasbitung, Lebak, Banten, memasang bendera putih di gerobak mereka protes PPKM Darurat diperpanjang, Rabu (21/7/2021) KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINSejumlah pedagang kaki lima di Rangkasbitung, Lebak, Banten, memasang bendera putih di gerobak mereka protes PPKM Darurat diperpanjang, Rabu (21/7/2021)

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di Rangkasbitung, Lebak, Banten memasang bendera putih di lokasi dagangan mereka.

Bendera putih tersebut dipasang sebgai bentuk protes karena perpanjangan peemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Mengutip Kompas.com, belasan pedagang di Jalan Iko Jatmiko, Rabu (21/7/2021) memasang bendera putih di gerobak dagangan mereka. Diantara mereka adalah penjual gorengan, bubur ayam dan lainnya.

"Baru dipasang tadi bareng mahasiswa, biar pemerintah tahu kalau kita sudah babak belur," kata Warjoko salah satu PKL yang berjualan gorengan di depan RSUD dr Adjidarmo, Rabu.

Dia mengatakan, sudah bingung apa yang akan dilakukan. Sejak PPKM Darurat diberlakukan, dia dan penjual lain di sepanjang Jalan Iko Jatmiko, hanya bisa pasrah lantaran penjualannya terus menurun.

Kata dia, sejak PPKM Darurat, ada aturan pedagang hanya boleh buka sampai pukul 20.00 WIB saja. Tapi jalan sudah ditutup sejak pukul 19.00 WIB.

"Saya baru buka sore, biasanya sampai jam 12 malam, tapi sekarang jam 7 malam saja sudah tidak ada pembeli, banyak gorengan yang mubazir tidak terjual," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyebutkan, omzet penjualannya menurun drastis hingga 60 persen.

Baca juga: Viral Pengibaran Bendera Putih di Sejumlah Tempat sebagai Tanda Menyerah, Bagaimana Sejarahnya?

Selain di Banten, protes juga dilakukan para pedagang di kawasan Pasar Tanah Abang, jakarta Pusat.

Sebuah video memperlihatkan bendera putih berkibar di salah satu sudut pinggir jalan Pasar Tanah Abang.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.