Kompas.com - 24/07/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi belajar online di rumah. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar online di rumah.

KOMPAS.com - Pemerintah kembali menyalurkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) sebagai upaya menstimulasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, bansos diharapkan juga dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak peningkatan kasus Covid-19 dan penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bantuan kuota internet gratis menjadi salah satu program bansos yang akan kembali diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Mulanya, bantuan ini telah berakhir pada Juni 2021, namun karena kondisi pandemi di Indonesia memburuk serta penerapan PPKM berdampak pada perekonomian masyarakat, subsidi kuota internet pun diperpanjang.

Seperti sebelumnya, subsidi kuota internet akan disalurkan kepada pelajar, mahasiswa, serta guru dan dosen dengan besaran yang berbeda-beda.

Baca juga: 5 Fakta BSU atau Subsidi Gaji yang Akan Cair Tahun Ini

Besaran kuota internet untuk PAUD adalah sebesar 7 GB per bulan, SMP sampai SMA sebesar 10 GB per bulan, guru sebesar 12 GB per bulan, dan mahasiswa serta dosen sebesar 15 GB per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (23/7/2021), Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bantuan kuota internet gratis akan cair mulai Agustus 2021 hingga Desember 2021.

"Kita telah memutuskan untuk memberikan perpanjangan subsidi kuota internet untuk bulan Agustus-Desember," kata Sri Mulyani.

Dia menjelaskan, bantuan ini diberikan untuk meringankan biaya yang dikeluarkan orang tua untuk membeli kuota internet agar anak-anaknya dapat mengikuti sekolah online dengan baik selama pandemi.

"Subsidi diberikan untuk masyarakat yang tentu anak-anaknya masih sekolah. Sekolah belum bisa diselenggarakan secara tatap muka dan minggu depan anak-anak mulai masuk lagi semester baru," terangnya.

Baca juga: Bantuan Subsidi Upah Dikritik, Kecil dan Tak Menjangkau Banyak Pihak

Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.