Kompas.com - 24/07/2021, 12:02 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

KOMPAS.com - Meski mendapat kritik dari banyak pihak, pemerintah tetap memperpanjang masa PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan keputusan tersebut secara resmi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/7/2021).

Jokowi mengatakan, sejak awal tak mudah untuk memutuskan perihal PPKM Darurat, namun kebijakan itu terpaksa diambil demi menurunkan penularan Covid-19, sehingga tidak membuat rumah sakit over kapasitas dan lumpuh.

Dia menegaskan, pemerintah selalu memantau, memahami dinamika di lapangan, dan juga mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak PPKM.

Oleh karena itu, pemerintah akan melakukan berbagai pelonggaran jika terjadi penurunan kasus penyebaran Covid-19.

"Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap." kata Jokowi.

Baca juga: Belum Ada Keputusan Resmi Kelanjutan PPKM Darurat, Luhut: Tunggu 2-3 Hari Lagi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, sejumlah aktivitas ekonomi dan sosial dapat berlangsung lebih longgar dibandingkan saat masa PPKM Darurat.

Akan tetapi, Jokowi mengingatkan, masyarakat tetap harus mematuhi batasan yang ada, seperti waktu buka-tutup tempat usaha dan kapasitas pengunjung, serta wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya minta kita semuanya bisa bekerja sama, bahu-membahu untuk melaksanakan PPKM ini dengan harapan kasus (Covid-19) akan segera turun, dan tekanan kepada rumah sakit juga menurun," ujar Jokowi.

Masyarakat pun harus terus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, melakukan isolasi bagi yang bergejala, dan memberikan pengobatan sedini mungkin kepada yang terpapar Covid-19.

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.