[HOAKS] Donasi Kaus Oblong Bekas untuk Relawan dan Tenaga Medis di Wisma Atlet

Kompas.com - 23/07/2021, 15:20 WIB
Informasi donasi kaus oblong menyebar di media sosial. Donasi ini disebut untuk relawan dan tenaga medis. Informasi ini tidak benar alias hoaks. FacebookInformasi donasi kaus oblong menyebar di media sosial. Donasi ini disebut untuk relawan dan tenaga medis. Informasi ini tidak benar alias hoaks.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Di media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp beredar informasi dan pesan berantai yang menyebutkan bahwa relawan dan tenaga medis di  Wisma Atlet tidak memiliki cukup baju ganti.

Naras itu menyebutkan, dibutuhkan donasi kaus oblong bekas untuk mereka.

Informasi ini dipastikan tidak benar alias hoaks.

Melalui akun Twitter-nya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan tidak pernah menyebarkan informasi kebutuhan atau donasi mengatasnamakan perorangan.

Narasi yang beredar

Informasi bahwa relawan dan tenaga medis di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet membutuhkan donasi kaus oblong bekas beredar di aplikasi berbagi pesan WhatsApp dan media sosial Facebook.

Dalam informasi yang beredar, disebutkan bahwa kaus oblong bekas yang masih layak pakai itu akan digunakan para relawan dan tenaga medis setelah mereka mengenakan APD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut potongan narasi yang beredar tangkapan layar yang dibagikan akun ini:

Banyak relawan atau tenaga medis yg tidak bawa baju ganti yg cukup terutama yg pria lajang. Sementara baju mereka sehabis pakai APD itu basah kuyup oleh keringat. Mereka saat shift cuci dan jemur baju mereka.

Alamat :
IGD RS Darurat COVID Wisma Atlet Tower 7, Kemayoran
Dr. IGD RSD Wisma Atlet.
Let Kol Marinir Dr. M Arifin
Komando Tugas Gabungan Terpadu (KOGASGABPAD)

Beliau memberi informasi kalau team medis di RSD Wisma Atlet sangat membutuhkan donasi kaus oblong bekas (layak pakai & bersih) untuk mereka gunakan setelah melepas APD.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.