Hal yang Perlu Diketahui Sebelum, Saat, dan Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Kompas.com - 23/07/2021, 12:52 WIB
Warga mengikuti vaksinasi keliling covid-19 di Kantor Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2021). Vaksinasi kerjasama Danone Indonesia dengan Pemprov DKI Jakarta dilakukan sebagai upaya jemput bola untuk warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dan jauh dari sentra vaksinasi, serta memiliki kendala mobilitas. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga mengikuti vaksinasi keliling covid-19 di Kantor Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2021). Vaksinasi kerjasama Danone Indonesia dengan Pemprov DKI Jakarta dilakukan sebagai upaya jemput bola untuk warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dan jauh dari sentra vaksinasi, serta memiliki kendala mobilitas.

KOMPAS.com - Salah satu upaya yang tengah digencarkan pemerintah untuk penanganan Covid-19 di Indonesia adalah program vaksinasi.

Program vaksinasi telah diluncurkan sejak awal tahun 2021 dan terus berjalan hingga kini untuk mencapai target vaksinasi.

Melalui vaksinasi Covid-19, diharapkan bisa memunculkan sistem kekebalan tubuh sehingga meminimalisir kerentanan dan mengurangi risiko keparahan karena terpapar Covid-19.

Sebelum, saat, bahkan sesudah pemberian vaksin Covid-19, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan perhatikan.

Baca juga: Apa yang Terjadi Setelah Herd Immunity Tercapai? Ini Penjelasan Epidemiolog

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum, saat, dan setelah menerima vaksin Covid-19 sebagaimana dilansir dari laman unicef.org:

Sebelum menerima vaksin

1. Cari tahu informasi akurat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada banyak informasi keliru tentang vaksin di dunia maya. Kita harus memastikan merujuk pada informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Kementerian Kesehatan, Unicef, dan WHO.

Jika ragu tentang kondisi tubuh, dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu apakah boleh atau tidak menerima vaksin.

Saat ini, secara umum, seseorang dengan kondisi berikut sebaiknya tidak menerima vaksin Covid-19 untuk menghindari kejadian ikutan pasca vaksinasi (KIPI):

  • Orang dengan riwayat reaksi alergi berat terhadap kandungan vaksin Covid-19
  • Orang yang sedang sakit atau sedang mengalami gejala Covid-19 (vaksinasi dapat dilakukan setelah sembuh dan dengan persetujuan dokter).

2. Berkonsultasi dengan dokter

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.