Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Selamat Jalan Pak Christianto Wibisono

Kompas.com - 22/07/2021, 20:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SECARA mengharukan, Astrid Wibisono, putri Christianto Wibisono, mengirimkan berita duka:

It is with deepest sorrow yet the most heavenly strength that we the family announce the passing of Christianto Wibisono, at 17:05 on July 22, 2021, one day shy of his 50th Wedding Anniversary. We are grateful for all the love, prayers & support that have been pouring in for him the past week. In his memory we ask for prayer for his beloved country, Indonesia, whom he loved very much. It would be his wish for Indonesia to unite in faith, hope, & love, in fighting Covid-19 & be reborn, stronger than ever. Rest in Peace Christianto Wibisono.

Baca juga: Ekonom Senior Christianto Wibisono Tutup Usia

Putra terbaik

Christianto Wibisono adalah seorang di antara para putra terbaik Indonesia. Bagi saya, Pak Chris merupakan seorang sahabat merangkap mahaguru ekonomi dan politik yang hampir setiap hari asyik berbincang lewat hape tentang apa saja yang terjadi panggung kehidupan politik dan ekonomi di Tanah Air Udara yang kami berdua cintai.

Pak Chris bersama Pak Kwik Kian Gie sebagai sesama warga keturunan menginspirasi saya untuk lebih mencintai Tanah Kelahiran ketimbang tanah leluhur.

Naskah-naskah Wawancara Imajiner dengan Bung Karno melegenda sebagai tulisan kritik sosio-politik Indonesia secara andaikatamologis yang tiada dua di persada Nusantara.

Akibat wajah yang serius dan mahal senyum tidak banyak yang sadar betapa dahsyat kecerdasan humor yang Pak Chris miliki.

Berulang kali Pusat Data Bisnis yang didirikan Pak Chris memperoleh anugrah MURI sebagai mahakarya superlatif pendataan .

Doa

Pak Chris merupakan tokoh terhormat Pusat Studi Kelirumologi dan Paguyuban Punakawan yang senantiasa setia ikut serta ketika berjumpa dengan para ketua DPR MPR dan Presiden membahas berbagai masalah bangsa negara dan rakyat indonesia.

Menjelang akhir hayat Pak Chris kerap mengeluh kepada saya mengenai tragedi sikap dan perilaku warga memusuhi sesama warga yang sangat berbahaya memecah-belah bangsa.

Saya merasa sangat kehilangan seorang sahabat merangkap mahaguru yang sangat saya hormati dan cintai.

Dengan penuh kerendahan hati saya bersujud memanjatkan doa memohon kemurahan hati Yang Maha Kuasa untuk menerima arwah Pak Christianto Wibisono di sisi Beliau di alam baka. Amin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com