Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Unggahan Nasabah Kehilangan Rp 110 Juta di Jenius, Ini Kata BTPN

Kompas.com - 21/07/2021, 15:25 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan seorang warganet yang mengaku menjadi korban penipuan dari seseorang yang mengatasnamakan Jenius BTPN, viral di media sosial pada Minggu, (18/7/2021).

"PENIPUAN LEBIH DARI 110 JUTA MENGATAS NAMAKAN JENIUS BTPN," tulis akun Twitter @theresiaavila.

Dalam twit itu, ia menuliskan kronologi saat ditelepon oleh oknum yang mengatasnamakan pegawai Jenius Connect pada 14 Juli 2021.

Baca juga: Rekening Sudah Ditutup, Nasabah Mengaku Dapat Tagihan Kartu Kredit Rp 17 Juta, Ini Kata Pihak Bank

Diminta ganti kartu

Kemudian, korban diminta mengganti kartu debit karena disebut merupakan kebijakan Jenius Connect yang dilakukan secara bertahap ke seluruh nasabahnya.

Korban juga diminta mengisi link tertentu dan dijelaskan bahwa nantinya limit tarik tunainya akan dinaikkan karena termasuk nasabah dengan transaksi yang aktif di Jenius Connect.

Sudah merasa ada yang tidak beres, yang terjadi korban justru keluar atau logout dan tidak bisa mengakses akun Jeniusnya.

Ia pun meminta pihak Jenius Help untuk memblokir akun miliknya. Namun, korban diminta mengunjungi kantor Jenius, sementara saat itu sudah malam hari.

Saldo tabungan tersisa Rp 1

Keesokan paginya, korban baru menyadari saldo di rekeninnya bersisa Rp 1 saja. Ia pun bergegas mendatangi kantor BTPN.

"Dan akhirnya gue baru bener2 tau SALDO GUE UDAH TERKURAS HABIS HINGGA RP 1, besok paginya setelah gue DATENG ke kantor BTPN. Kemudian gue ke kantor polisi dengan bekal permohonan maaf dari CS. “MOHON MAAF SALDO KAKAK TINGGAL 1 RUPIAH.”
@JeniusConnect," tulis akun Twitter @theresiaavila.

Hingga Rabu (21/7/2021), twit itu sudah diretwit sebanyak 11.800 kali dan disukai sebanyak lebih dari 34.100 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lalu bagaimana tanggapan dari BTPN terkait kasus ini?

Baca juga: Soal Kiriman Rp 1,5 Juta yang Diduga dari Pinjol, Ini Kata Pihak Bank

Penjelasan BTPN

Menanggapi hal itu, Communications dan Daya Head Bank BTPN, Andrie Darusman menjelaskan bahwa pihaknya telah berhasil menghubungi Theresia Avila dan pihaknya turut menyayangkan atas kejadian yang dialami.

"Kami telah memblokir akun Jenius penerima dana penipuan pada kesempatan pertama ketika nasabah melapor ke Jenius Help," ujar Andrie saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/7/2021).

Ia mengatakan, berdasarkan laporan nasabah, penipu telah memperdaya nasabah sehingga memberi informasi yang bersifat rahasia dan pribadi yang kemudian disalahgunakan oleh penipu untuk mengambil alih rekening Jenius nasabah.

Selain itu, Andrie juga menyampaikan, Jenius dari Bank BTPN tunduk pada prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta senantiasa membantu nasabah apabila dibutuhkan dalam proses lebih lanjut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com