Cek Penerima Bansos Bulan Juli 2021, Klik cekbansos.kemensos.go.id

Kompas.com - 19/07/2021, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Bantuan sosial menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu, terlebih saat situasi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan segenap pembatasan.

Pemerintah mengucurkan berbagai bantuan sosial di tengah kondisi sulit ini.

Untuk bulan Juli 2021, data penerima bansos dapat dicek melalui laman khusus yang disediakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos), di laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Dikutip dari Kompas.com (10/7/2021), ada sejumlah jenis bansos yang datanya bisa diakses melalui laman di atas, di antaranya Bantuan Sosial Tunai (BST/Bansos Tunai) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Penyaluran BST akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia yakni sebesar Rp600.000 sebagai rapel dari Mei dan Juni 2021.

Sedangkan bantuan PKH disalurkan melalui himpunan bank-bank negara (Himbara) dan besaran bantuan tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan berbeda-beda, tergantung komposisi keluarga tersebut.

Selain berupa uang tunai, di masa PPKM Darurat ini, KPM penerima BST dan PKH juga akan menerima bantuan berupa beras 10 kilogram.

Baca juga: Cara Cek Penerima BST dan PKH di cekbansos.kemensos.go.id

Cara cek penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Cara mengecek penerima bansos:

  1. Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id;
  2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan di kolom yang disediakan;
  3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai data di KTP;
  4. Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera. Jika kode kurang jelas, klik icon "refresh" untuk mendapatkan kode baru;
  5. Klik opsi "CARI DATA".

Untuk diperhatikan, sistem dalam laman tersebut akan mencari nama PM sesuai dengan wilayah yang diinput, jadi perhatikan dengan baik, pastikan wilayah yang Anda masukkan sudah tepat.

Jika Anda adalah salah satu orang yang menjadi penerima bansos, maka nama dan lokasi Anda akan muncul di hasil pencarian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.