Ingat, Masker Medis Sekali Pakai yang Dibuang Sembarangan Bisa Jadi Media Penularan Corona, Ini Cara Mengelolanya

Kompas.com - 19/07/2021, 09:05 WIB
Para ahli konservasi menemukan bahwa masker menambah limbah plastik tingkat tinggi yang mengkhawatirkan di perairan Hongkong. AFP PHOTO/ANTHONY WALLACEPara ahli konservasi menemukan bahwa masker menambah limbah plastik tingkat tinggi yang mengkhawatirkan di perairan Hongkong.

KOMPAS.com - Merebaknya pandemi Covid-19 membuat penggunaan masker menjadi sebuah kewajiban karena menjadi salah satu upaya menghindari penularan.

Terlebih, sejak kasus Covid-19 di Indonesia melonjak dalam beberapa waktu terakhir, serta munculnya varian virus delta yang seakan merajalela.

Masyarakat bahkan diminta untuk memakai masker rangkap atau double mask, yakni menggunakan masker medis kemudian dilapisi dengan masker kain pada bagian luar.

Namun, perlu diingat masker medis bukanlah barang yang bisa dipakai seterusnya, melainkan hanya sekali pakai dengan jangka waktu tertentu dan setelahnya harus dibuang.

Dalam membuangnya pun tak boleh sembarangan, ada tata cara yang harus diperhatikan agar masker yang dibuang tidak menjadi media penularan Covid-19.

Baca juga: Viral, Video Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19 Joget-joget di Pinggir Lubang Kuburan, Ini Kata Polisi

Alat kesehatan infeksius

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Ari Fahrial Syam juga mengamini hal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjelaskan, masker medis yang sudah dipakai adalah alat kesehatan (alkes) infkesius.

"Masker yang sudah dipakai termasuk alkes infeksius dan tidak boleh dibuang sembarangan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/7/2021) siang.

Dalam hal ini, alkes infeksius artinya masker medis sekali pakai tersebut bisa menjadi media penularan virus atau pun penyakit lainnya.

"Ya, bisa menularkan (virus atau penyakit). Kalau di RS biasa masuk ke kantong bewarna kuning, kantong infeksius," terang Ari.

Baca juga: Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Daging Kurban? Ini Kata Ahli

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.