Kompas.com - 18/07/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi rekrutmen CPNS: Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017). KOMPAS/RADITYA HELABUMIIlustrasi rekrutmen CPNS: Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).

KOMPAS.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih dalam tahap pendaftaran. Hingga Selasa (13/7/2021), jumlah pelamar yang mendaftar di portal resmi www.sscasn.bkn.go.id sudah menyentuh 1,9 juta lebih.

Tingginya angka pelamar rekrutmen CPNS ini tentu membuat persaingan semakin ketat. Terkait pelaksanaan rekrutmen CPNS, muncul pertanyaan mengenai nilai ambang batas atau passing grade pada seleksi CPNS 2021 ini.

Baca juga: Hampir 2 Juta Pelamar CASN, Ini 10 Instansi Paling Banyak dan Sepi Peminat

Seperti diketahui, setelah masa pendaftaran dan seleksi administrasi, tahapan selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Di tahapan SKD, peserta seleksi akan mengikuti tes dengan beberapa tipe soal yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Lalu berapakah angka passing grade pada seleksi CPNS 2021?

Penjelasan BKN

Melansir Kompas Tren, Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja sama BKN Paryono mengatakan, passing grade CPNS 2021 masih belum ditetapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"(Passing grade) belum ada," kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/7/2021) siang.

BKN, lanjutnya, masih menunggu terbitnya aturan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang diatur dalam Permenpan RB. Namun, Paryono memastikan, Permenpan RB tersebut akan turun sebelum pelaksanaan SKD.

"Passing grade pasti keluar sebelum pelaksanaan SKD, kita nunggu peraturan Menpan RB," ujar dia.

Pada rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini, pemerintah tidak hanya membuka penerimaan CPNS, tetapi juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini Beda antara ASN, PNS, dan PPPK

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.