Kompas.com - 18/07/2021, 15:45 WIB
Berbagai khasiat wedang jahe, salah satunya menurunkan gula darah. Unsplash/Julia ToppBerbagai khasiat wedang jahe, salah satunya menurunkan gula darah.

KOMPAS.com - Jahe cukup populer di masa pandemi. Bahan rempah yang satu ini dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan juga meningkatkan sistem imun.

Jahe sendiri sudah ratusan tahun digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Ditambahkan pada rebusan daging atau ikan-ikanan untuk menghilangkan bau amis yang ada dan memberikan sedikit sensasi pedas.

Rimpang jahe juga sering digunakan sebagai bahan minuman herbal. Biasanya jahe akan dibakar kemudian digeprek sebelum nantinya direbus dengan air dan gula batu atau gula aren.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ini memiliki senyawa keton bernama zingeron yang memberikan sensasi rasa pedas sedikit menyengat.

Terkenal di bidang pengobatan herbal, jahe dijual di pasaran dalam bentuk serbuk, rimpang segar, juga awetan jahe.

Nah, dilansir dari Health Support Magazine, inilah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan efeknya pada tubuh jika Anda mengonsumsinya setiap hari:

Baca juga: 7 Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Memiliki risiko kecil terkena kanker

Ilustrasi jahe merah. SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAH Ilustrasi jahe merah.
Dari penelitian medis, disebutkan bahwa jahe bisa digunakan untuk mengurangi risiko tubuh terkena kanker. Selain itu jahe juga bisa mengurangi peradangan pada usus.

Mengonsumsi jahe setiap hari bisa memperbaiki sel-sel kulit mati. Karenanya, sistem imun pun bisa bekerja dengan maksimal.

2. Memiliki saluran cerna yang sehat

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.