Kompas.com - 18/07/2021, 11:20 WIB
Seorang remaja pria hadang truk instagram.com/agoez_bandz4Seorang remaja pria hadang truk

KOMPAS.com - Kecelakaan akibat tantangan yang sedang trending di kalangan remaja, yakni membuat video "mengadang truk yang sedang melaju di jalan raya" kembali terjadi.

Mengutip Kompas.com, Kamis (15/7/2021) sebuah video yang memperlihatkan seorang remaja laki-laki tewas akibat terlindas truk saat melakoni tantangan itu, viral di media sosial.

Remaja itu diketahui sedang mencoba menghentikan truk tronton yang melintas di tikungan, namun aksinya itu gagal dan membuatnya kehilangan nyawa.

Baca juga: Berulang, Remaja Pria Terlindas Truk demi Konten Viral

Tantangan berbahaya tersebut kerap dilakukan oleh sekumpulan remaja atau bahkan anak di bawah umur demi mendapatkan rekaman video yang nantinya viral.

Pelaku tantangan akan dinilai berhasil, jika truk yang mereka hadang berhenti sebelum menabrak mereka.

Akan tetapi, kerap kali aksi memburu ketenaran itu berujung sia-sia dan pelakunya berakhir celaka atau meninggal. 

Fase mencari identitas

Menanggapi tren berbahaya yang berkembang di kalangan anak muda itu, psikolog Rose Mini Agoes Salim mengatakan, orang tua atau orang dewasa perlu memahami terlebih dulu alasan para remaja melakukan hal tersebut.

Menurut Romi, begitu ia akrab disapa, kecenderungan remaja untuk melakoni tantangan-tantangan yang berbahaya, seperti aksi mengadang truk, adalah untuk memenuhi kebutuhan akan identitas diri.

"Secara psikologis, anak remaja itu sedang mencari identitas diri. Sehingga mereka akan mencari tempat atau lahan untuk memperlihatkan eksistensinya. Nah kalau ada challenge seperti itu, itu seperti lahan untuk mereka menunjukkan eksistensinya," kata Romi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/7/2021).

Romi menduga, kemungkinan besar remaja yang melakoni tantangan-tantangan berbahaya semacam itu adalah mereka yang tidak memiliki prestasi di bidang akademis.

Sehingga, mereka mencoba menunjukkan eksistensinya di media sosial, dengan jalan melakukan tantangan yang berbahaya.

Baca juga: Adang Truk Tronton, Remaja di Tangsel Tewas Terlindas

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.