Kompas.com - 17/07/2021, 14:16 WIB
ilustrasi WhatsApp reuters.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Sering kali pengguna WhatsApp dimasukkan ke sebuah grup tanpa pemberitahuan terlebih dahulu atau tanpa izin.

Meski terkadang dilakukan oleh orang yang sudah kita dikenal, bagi sebagian orang hal ini tetap saja cukup menyebalkan.

Namun jangan khawatir, bila Anda termasuk pengguna yang sering dimasukkan ke grup WhatsApp tanpa izin, ada cara untuk menolaknya.

Baca juga: Cara Sembunyikan Chat di WhatsApp Tanpa Perlu Blokir Kontak

WhatsApp memiliki fitur untuk membatasi agar tidak dimasukkan ke dalam grup tanpa izin. Fitur ini bisa ditemukan dengan mudah di halaman setting akun pengguna WhatsApp. Cara mengaturnya pun tidak sulit.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Buka menu “settings” atau pengaturan pada WhatsApp. Caranya tekan tanda tiga titik di pojok bagian kanan atas pada halaman beranda WhatsApp.
  • Kemudian pilih “Account”
  • Selanjutnya pilih “Privacy”, dan
  • Pilih “Groups”

Setelah memilih menu “Groups”, Anda akan diberi tiga pilihan soal siapa saja yang bisa langsung mengundang pengguna ke dalam sebuah grup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiganya yakni "Everyone" yang berarti semua orang tanpa pembatasan bisa memasukkan Anda ke grup, jika memilih "My contacts" artinya hanya mereka yang ada di daftar kontak yang bisa memasukkan Anda ke grup, dan "Nobody" atau tak ada sama sekali.

Bila memilih “Nobody” artinya, artinya Anda tidak bisa langsung dimasukkan begitu saja ke grup WhatsApp tanpa izin atau pemberitahuan terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Mengganti Huruf di WhatsApp

Apabila admin sebuah grup ingin memasukkan pengguna WhatsApp yang membatasi undangan, admin tersebut harus mengirim link undangan grup kepada pengguna tersebut.

Pengguna yang mendapat link undangan grup tadi lantas bisa menimbang-nimbang apakah akan ikut bergabung dengan mengklik tautan undangan atau tidak. Invitation link ini berlaku selama 72 jam.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.