Angka Covid-19 Indonesia Meroket, Negara Ini Pilih Boyong Pulang Warga

Kompas.com - 17/07/2021, 14:00 WIB
Evakuasi warga Arab Saudi yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia untuk dipulangkan ke Riyadh dari Jakarta pada Sabtu (10/7/2021). Pemulangan dilakukan oleh Departemen Evakuasi Medis Udara dari Kementerian Pertahanan Kerajaan, sesuai arahan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. TWITTER @modgovksaEvakuasi warga Arab Saudi yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia untuk dipulangkan ke Riyadh dari Jakarta pada Sabtu (10/7/2021). Pemulangan dilakukan oleh Departemen Evakuasi Medis Udara dari Kementerian Pertahanan Kerajaan, sesuai arahan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda terkendali. Setiap hari, jumlah kasus dan kematian akibat virus SARS COV-2 ini terus meroket. Tak ayal, beberapa negara memilih memboyong pulang warganya dari Indonesia.

Layaknya pemerintah Indonesia yang pernah mengevakuasi 245 warga negara Indonesia dari Wuhan, China, pada awal Februari 2020. Sejumlah negara melakukan langkah serupa demi menyelamatkan warga yang tengah bekerja atau domisili di Indonesia.

Penyebaran varian Delta yang masif menjadi pertimbangan penting bagi pemerintah negara-negara tersebut.

Sebelumnya, sekitar 10 negara telah menutup perbatasan dan memberlakukan larangan penerbangan dari Indonesia. Tak hanya melarang penerbangan masuk ke wilayahnya, mereka memutuskan untuk segera mengevakuasi warganya.

Baca juga: Deretan Sejumlah Negara yang Hentikan Penerbangan dari Indonesia

Dari daftar negara yang menghentikan penerbangan dari Indonesia tersebut, sedikitnya ada 3 negara yang memilih memboyong warganya pulang;

1. Taiwan

Berdasarkan data kantor perwakilan Taiwan di Jakarta, terdapat 72 orang Taiwan terjangkit Covid-19 di Indonesia dalam kurun waktu 6 sampai 12 Juli 2021. Sebanyak 10 orang di antaranya telah pulih, sementara empat sisanya meninggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengingat kondisi fasilitas dan tenaga kesehatan Indonesia yang telah melebihi kapasitas, Taiwan memutuskan untuk menyewa penerbangan sewaan. Penerbangan pulang ini diinisiasi 90 pengusaha dan ekspatriat asal negeri tersebut.

Dilansir Kompas.com, Kepala Pusat Layanan Kamar Dagang Indonesia Taiwan (ITCC) Kuo Chang-hsin menyatakan kepulangan para pengusaha itu sudah diatur agen perjalanan Indonesia. “Mereka akan memakai pesawat Batik Air Indonesia, dan akan berangkat setelah kuota 100 orang terpenuhi,” katanya.

Pesawat sewaan ini rencananya akan membawa mereka dari Indonesia ke Taiwan pada 28 Juli 2021. Kamar Dagang Taiwan di Jakarta, Jawa Tengah, Bali, dan Surabaya juga sudah menyarankan agar anggota senior mereka kembali ke Taiwan.

Baca juga: UPDATE: Tambah 2 Kasus di Taiwan, Total 5.318 WNI Terpapar Covid-19 di Luar Negeri

2. Arab Saudi

Kerajaan Arab Saudi telah melarang penerbangan dari 20 negara termasuk Indonesia sejak 3 Februari lalu. Larangan tersebut memang tidak berlaku lagi bagi warga negara Arab Saudi, Diplomat dan praktisi kesehatan beserta keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.