Cara Menghemat Kuota Internet Saat Anak Sedang PJJ dengan Google Meet

Kompas.com - 17/07/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXSIlustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Kegiatan belajar mengajar secara daring atau online tahun ajaran 2021/2022 nampaknya akan diperpanjang kembali.

Terutama pada daerah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegaitan masyarakat (PPKM) darurat dan mikro.

Google meet adalah salah satu platform yang biasa digunakan untuk kegiatan daring seperti bekerja dari rumah dan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ternyata ada beberapa fitur menarik yang perlu diketahui agar dapat mendukung proses PJJ, diantaranya juga dapat menghemat kuota internet.

Berikut ini fitur platform video telekonferensi untuk PJJ dan rapat lainnya di Google Meet:

1. Fitur mute mikrofon, menyematkan video dan mengirim pesan

Mikrofon pada google meet dapat digunakan pada saat bicara dalam forum. Namun agar tetap kondusif, fitur ini bisa di-mute saat materi sedang dijelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dokter Mata: 6 Tips Jaga Kesehatan Mata Anak Selama Belajar Daring

Cukup klik ikon "mikrofon" atau "video" yang berada di sebelah kiri bawah tampilan utama Google Meet, fitur mute mikrofon bisa diatur.

Saat penjelasan guru, video guru yang sedang berbicara dapat ditampilkan ke tampilan utama Google Meet dengan meng-klik ikon "show everyone", kemudian klik ikon titik tiga di sebelah kanan nama guru, dan pilih menu "pin to screen".

Jika adanya pertanyaan atau kesulitan saat PJJ berlangsung, juga bisa klik ikon "chat" yang terletak di toolbar pojok kanan bawah pada tampilan utama Google Meet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.