Kompas.com - 17/07/2021, 07:46 WIB
Ilustrasi anosmia, kehilangan penciuman SHUTTERSTOCK/VIALANTSINIlustrasi anosmia, kehilangan penciuman

KOMPAS.com - Anosmia merupakan kondisi di mana hidung tidak bisa merasakan bau atau kehilangan penciuman. Kondisi ini banyak dijumpai pada pasien Covid-19.

Pada sejumlah kasus Covid-19 dengan gejala ringan, tidak hanya kehilangan penciuman, pasien juga mengalami kehilangan fungsi indra perasa.

Itu artinya, bukan hanya tidak bisa mencium bau pasien Covid-19 juga bisa kesulitan merasakan makanan yang masuk ke mulut.

Baca juga: Apa Itu Anosmia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meski begitu tidak berarti semua orang yang terinfeksi Covid-19 pasti mengalami anosmia. Sebaliknya, anosmia juga tidak hanya disebabkan oleh infeksi Covid-19.

Lama waktu anosmia karena covid-19

Anosmia yang muncul karena infeksi covid-19 bisa hilang dengan sendirinya seiring kesembuhan pasien. Namun belum ada ukuran waktu yang pasti karena setiap pasien Covid-19 bisa mengalami gejala anosmia dengan durasi waktu yang berbeda-beda.

Sebagian pasien ada yang melaporkan hanya mengalami anosmia selama 2 minggu sampai sebulan. Tetapi ada juga laporan pasien Covid-19 yang mengalami anosmia selama 2 hingga 5 bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari Kompas Health yang melansir Health Line, sebuah studi yang dipresentasikan oleh American Academy of Neurology pada Februari 2021, menemukan bahwa banyak orang yang pulih dari Covid-19 masih merasakan anosmia hingga 5 bulan kemudian.

Penelitian ini melibatkan 813 petugas kesehatan yang dites positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, 580 orang diketahui mengalami kehilangan indra penciuman selama penyakit awal.

Dari kelompok 580 orang ini, hampir 300 orang dilaporkan belum mendapatkan kembali indra penciumannya hingga 5 bulan kemudian.

Baca juga: Peneliti Sebut Anosmia Bisa Jadi Petanda Baik Covid-19

Ilustrasi mempercepat penyembuhan anosmia dengan minyak kayu putih.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mempercepat penyembuhan anosmia dengan minyak kayu putih.

Para peneliti menemukan bahwa sebagian besar dari partisipan yang diuji tidak mendapatkan kembali indra penciuman sepenuhnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.