Kompas.com - 13/07/2021, 17:00 WIB
Pada 16 Desember 2020, Jokowi mengumumkan vaksin Covid-19 gratis untuk seluruh masyarakat Twitter: @jokowiPada 16 Desember 2020, Jokowi mengumumkan vaksin Covid-19 gratis untuk seluruh masyarakat

KOMPAS.com - Polemik vaksinasi Covid-19 berbayar kembali mencuat setelah kemunculan program Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu.

Polemik tentang vaksinasi berbayar ini serupa dengan yang sempat terjadi pada Desember 2020, ketika pemerintah akan memulai program vaksinasi Covid-19 nasional.

Pada saat itu pemerintah mencanangkan dua skema vaksinasi, yakni vaksinasi program pemerintah yang gratis, dan vaksinasi secara mandiri atau berbayar.

Dari 107 juta orang yang merupakan target vaksinasi, hanya 30 persen yang akan dibiayai pemerintah. Sisanya, sebanyak 70 persen, harus membayar untuk mendapatkan vaksin.

Merespons wacana tersebut, berbagai kalangan, mulai dari epidemiolog, akademisi, hingga masyarakat umum, menuntut pemerintah untuk menggratiskan vaksin Covid-19.

Baca juga: Alih-alih Vaksin Berbayar, Pemerintah Mestinya Perbaiki Vaksinasi Program

Jokowi gratiskan vaksin

Setelah mendengar masukan dari masyarakat, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia adalah gratis.

Pengumuman itu disampaikan Jokowi melalui rekaman video yang diunggah di akun media sosial resmi milik Presiden pada 16 Desember 2020.

"Jadi setelah menerima masukan dari masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Jokowi dalam video tersebut.

Program vaksinasi Covid-19 nasional akhirnya resmi bergulir pada 13 Januari 2021.

Jokowi menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin. Dia menerima vaksin merek CoronaVac yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal China, Sinovac.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.