Kompas.com - 13/07/2021, 12:30 WIB
Tangkapan layar video yang diunggah di TikTok yang memperlihatkan fenomena air laut surut TikTokTangkapan layar video yang diunggah di TikTok yang memperlihatkan fenomena air laut surut

KOMPAS.com - Sebuah video yang diunggah akun TikTok @fahmiahab tentang air yang surut hingga membuat hamparan pasir putih terlihat begitu luas, beredar di medsos dan mendapat banyak komentar dari netizen.

Pasalnya, laki-laki yang merekam video tersebut tampak antusias akan peristiwa surutnya air laut dan berjalan jauh ke arah tengah hingga ia menemukan air dan pantai.

Saking luasnya area pasir yang ia dapati ketika itu, dengan muka sumringah ia menyebut area itu bisa digunakan untuk bermain futsal.

Sebaliknya, netizen justru khawatir surutnya air laut tersebut adalah pertanda akan adanya gelombang tsunami, sehingga bisa membahayakan, terlebih jika orang itu bukannya menjauhi garis pantai dan justru berjalan mendekat

Baca juga: Mengenali Tanda Tsunami dan Cara Menyelamatkan Diri

Perbedaan air surut tanda tsunami dan fenomena harian

Lalu, apa sebenarnya perbedaan mendasar antara surutnya air laut yang menjadi pertanda akan adanya tsunami dan air laut surut sebagai fenomena pasang-surut harian biasa?

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo memberikan penjelasan terkait hal ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyebut ada dua hal utama yang membedakan fenomena surutnya air laut sebagai pertanda datangnya gelombang tsunami dan fenomena pasang-surut harian.

1. Pendahulu

Yang pertama adalah ada atau tidaknya kejadian pendahulu.

Air laut yang surut sebagai tanda akan datangnya tsunami selalu didahului dengan kejadian lain, misalnya gempa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.