Horeeeee, Indonesia (Pernah) Ikut Piala Dunia

Kompas.com - 13/07/2021, 10:02 WIB
Ketua Umum Pertama PSSI SOeratin Sosrosoegondo saat Kongres PSSI pada 1938 KOMPAS/TOTO SIHONOKetua Umum Pertama PSSI SOeratin Sosrosoegondo saat Kongres PSSI pada 1938

SUDAH lama saya menderita dukalara sanubari sangat menyedihkan akibat tim nasional Indonesia belum pernah ikut berlaga di gelanggang perebutan Piala Dunia sepakbola.

Selalu gagal

Entah kenapa Indonesia yang jagoan dalam menampar gabus berbulu bulu ayam dengan raket ternyata kurang jagoan dalam menendang atau menyundul bola bundar serrrr.

Mungkin akibat di dalam laga sepakbola para sepakbolawan tidak boleh menampar bola dengan tangan kecuali Diego Maradona.

Jauh-jauh hari saya sudah mempersiapkan diri untuk pada medio tahun 2022 terbang ke Doha untuk menyaksikan tim nasional sepakbola Indonesia ikut berlaga di gelanggang sepakbola memperebutkan Piala Dunia garapan FIFA.

Namun persiapan saya layu sebelum berkembang akibat nahas tak bisa ditolak lagi-lagi untuk kesekian-kali tim nasional sepakbola Indonesia sudah tersingkir akibat tersungkur pada babak prakualifikasi Piala Dunia 2022 pada medio 2021.

Namun dukalara sanubari saya langsung terobati setelah secara kebetulan menemukan sebuah berita gembira yang diberitakan kompas.com 29 Januari 2019 sebagai berikut.

Baca juga: FIFA Sebut Indonesia sebagai Wakil Pertama Asia di Piala Dunia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Piala Dunia 1938

Induk organisasi sepak bola dunia (FIFA) mengakui Indonesia sebagai wakil pertama Asia di Piala Dunia. Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi adalah negara-negara Asia yang sudah sering mentas di pesta sepak bola sejagat itu.

Kendati ketiga tim tersebut paling sering muncul di Piala Dunia, rupanya FIFA mengakui bahwa wakil pertama dari benua Asia adalah Indonesia. Hal itu terungkap dalam sebuah sesi tanya jawab di media sosial Twitter.

"Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia? Hindia Belanda, dikenal saat ini dengan Indonesia, tampil dalam edisi 1938 di Perancis," demikian isi kicauan FIFA seperti dikutip Bolasport.com.

Indonesia berada di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda) saat tampil di Piala Dunia 1938.

Kelolosan Hindia Belanda ke putaran final bak sebuah hadiah karena wakil Asia lainnya, Jepang, mengundurkan diri akibat masalah perang.

Asia memang diberikan jatah satu tempat dan hanya dua tim yang memperebutkannya saat itu. Hindia Belanda pun langsung tereleminasi setelah takluk 0-6 dari Hongaria pada partai perdana.

Dengan mengesampingkan kekalahan telak digunduli Hungaria serta nama Indonesia masih Dutch East Indies, sanubari terasa bahagia banget karena ternyata pada 1938, tim nasional Indonesia sudah ikut berlaga di gelanggang perebutan Piala Dunia. Horeeeee!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.