Kompas.com - 11/07/2021, 18:30 WIB
Suhu di permukaan tanah Dataran Tinggi Dieng mencapai minus 5 derajat celsius pada Rabu (16/9/2020) pagi. Suhu dingin ini kembali memunculkan fenomena embun upas atau embun es. Dokumentasi Sri UtamiSuhu di permukaan tanah Dataran Tinggi Dieng mencapai minus 5 derajat celsius pada Rabu (16/9/2020) pagi. Suhu dingin ini kembali memunculkan fenomena embun upas atau embun es.

KOMPAS.com- Belakangan ini, masyarakat mengeluhkan adanya suhu dingin di wilayah Pulau Jawa.

Keluhan mengenai suhu dingin ini disampaikan oleh netizen di media sosial.

Salah satu netizen yang mengeluhkan hal tersebut adalah akun @buckleybliss.

“Selama tinggal di jkt baru pertama kali hidup tanpa AC. Sejak kamis kmrn udah set suhu 32 ttp aja dingin bgt. Matiin aja lah. Hemat listrik,” tulis dia.

“Jatim musim dingin,” tulis akun @FAIL_SUTRISNO.

Sejumlah netizen bahkan mengeluhkan mengenai kenapa hawa dingin yang terasa lebih dingin daripada saat musim hujan terjadi.

"Ada yang sadar ga sih bulan ini harusnya kita masuk musim kemarau tapi kenapa suhu udara lebih dingin melebihi saat musim hujan?" tulis akun @ebod_23

Lantas mengapa Jawa begitu dingin dan kenapa lebih dingin daripada musim penghujan?

Baca juga: Fenomena Bediding, Ini Wilayah yang Merasakan Suhu Lebih Dingin

Penjelasan BMKG

Terkait dengan hal tersebut, BMKG melalui akun media sosial resminya @infobmkg menjelaskan, fenomena suhu dingin di Jawa Timur merupakan fenomena alamiah.

“Fenomena suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah yang biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau (Juli - September),” tulis BMKG dalam informasi media sosial resminya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.