Kompas.com - 10/07/2021, 10:37 WIB
Ilustrasi sumber nitrogen manusia berasal dari makanan yang mengandung protein. Seperti ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan lain sebagainya. SHUTTERSTOCK/margouillat photoIlustrasi sumber nitrogen manusia berasal dari makanan yang mengandung protein. Seperti ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan lain sebagainya.

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19, menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Karena itu, perlu asupan nutrisi dan hidrasi yang tepat bagi tubuh.

Sebut saja seperti mengonsumsi makanan segar dan tidak diproses. Keduanya membantu tubuh mendapatkan vitamin, mineral, serat, protein, dan antioksidan.

Tidak hanya itu, untuk mengurangi risiko penyakit pada tubuh, asupan gula, lemak, dan garam juga sebaiknya dibatasi.

Baca juga: Inilah 7 Makanan Sehat yang Menurunkan Risiko Kanker

Sebagai referensi makanan sehat, Badan Kesehatan Dunia atau WHO memiliki catatan makanan apa saja yang harus dikonsumsi selama pandemi.

Dilansir dari WHO, berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi selama pandemi Covid-19:

  • Makanan segar dan tidak diproses

Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, telur, ikan, dan susu sangat direkomendasikan guna menjaga kesehatan di tengah pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, waktu dan cara memasak sayuran juga perlu diperhatikan. Agar kandungan nutrisinya tidak hilang, masaklah sayuran dengan suhu dan waktu yang tidak terlalu lama.

WHO menyarankan untuk makan 4 porsi buah, 5 porsi sayuran, 180 gram biji-bijian, dan kacang-kacangan setiap hari.

Sedangkan untuk daging merah, bisa dikonsumsi dua kali per minggu dan unggas dikonsumsi dua hingga tiga kali per minggu.

Sebagai camilannya, pilihlah sayuran mentah dan buah segar dibandingkan makanan manis yang tinggi gula atau makanan berlemak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.