Kompas.com - 10/07/2021, 07:40 WIB
llustrasi berkumur gargle dengan menengadah ke atas untuk membersihkan tenggorokan. Manfaat gargle dengan antiseptik mengandung Povidone-iodine (PVP-I) telah terbukti efektif bunuh virus corona, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. SHUTTERSTOCK/Aleksey Kurguzovllustrasi berkumur gargle dengan menengadah ke atas untuk membersihkan tenggorokan. Manfaat gargle dengan antiseptik mengandung Povidone-iodine (PVP-I) telah terbukti efektif bunuh virus corona, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

KOMPAS.com - Muncul inovasi untuk memudahkan pendeteksian Covid-19 terbaru saat ini dari Bio Farma dan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics yakni Bio Saliva.

Biofarma mengenalkan Bio Saliva adalah alat uji pendeteksi Covid-19 dengan metoda kumur atau gargling.

Sebelumnya, alat pendeteksi Covid-19 GeNose C19 dengan metode tiup diciptakan sejumlah ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Perusahaan mengklaim metode ini jauh lebih nyaman untuk mendeteksi virus Covid-19 yang masuk tubuh pasien yang bergejala atau tanpa gejala.

BioSaliva ini juga merupakan alat pelengkap setelah sebelumnya diciptakan mBioCov19.

Alat ini dapat mendetekesi dengan sensitivitas hingga 93,57 persen, dengan performance yang sangat baik CT kurang dari 35 hingga angka CT 40.

Kementerian kesehatan juga sudah memberikan izin edar untuk BioSaliva pada 1 April 2021 dengan nomor KEMENKES RI AKD 10302120673.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui rilis yang diterima, CTO Nusantics Revata Utama menjelaskan proses pengujian alat ini selama 7 bulan dengan melibatkan lebih dari 400 sampel pasien positif Covid-19.

Sementara uji validasi dengan melibatkan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Rumah Sakit Dokter Kariadi (RSDK) dan Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) sudah diselesaikan.

Baca juga: Alat Tes Covid-19 BioSaliva, Bisa Jadi Alternatif bagi yang Tak Nyaman Tes Usap?

Keunggulan BioSaliva

Gargle-PCR ini menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, yang menginginkan kemudahan dalam pendeteksian Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.