Berita Gembira bagi Kaum Lansia

Kompas.com - 09/07/2021, 12:28 WIB
ilustrasi lansia ilustrasi lansia

SEJAK awal 2020 sebagai awal pagebluk Corona, para ilmuwan/wati kesehatan menegaskan bahwa kaum lansia rawan terpapar Corona.

Kebetulan saya sudah tergolong lansia, maka sejak awal 2020 saya hidup dalam penuh kecemasan.

Syukur alhamdullilah pada awal bulan Juli 2021, dua sahabat saya: dr Nasir Tamara dan dr  Eddy Hariyadi berbaik-hati berbagi sebuah berita gembira bagi kaum lansia. Sebagian berita gembira lansia tersebut saya copas sebagai berikut :

Makin plastis

Direktur Fakultas Kedokteran Universitas George Washington berpendapat bahwa otak orang tua jauh lebih plastis daripada yang diyakini secara umum.

Pada usia ini, interaksi belahan otak kanan dan kiri menjadi harmonis, yang memperluas kemungkinan kreatif kita.

Itulah sebabnya di antara orang-orang yang berusia di atas 60 tahun, Anda dapat menemukan banyak kepribadian yang baru saja memulai kegiatan kreatif mereka.

Tentu saja, otak tidak lagi secepat di masa muda. Namun, ia menang dalam fleksibilitas. Itulah sebabnya, seiring bertambahnya usia, kita cenderung membuat keputusan yang tepat dan lebih jarang terkena emosi negatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Puncak aktivitas intelektual manusia terjadi pada usia sekitar 70 tahun, ketika otak mulai bekerja dengan kekuatan penuh.

Seiring waktu, jumlah mielin di otak meningkat, zat yang memfasilitasi perjalanan cepat sinyal antar neuron.

Karena ini, kemampuan intelektual meningkat 300 persen dibandingkan rata-rata. Dan puncak produksi aktif zat ini jatuh pada usia 60-80 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.