Kompas.com - 09/07/2021, 07:30 WIB
Petugas kesehatan memasuki area isolasi mandiri saat melakukan pendataan bagi warga yang terpapar COVID-19 di Banjar Terunasari, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar, Bali, Kamis (1/7/2021). Satgas COVID-19 menerapkan PPKM Mikro secara ketat di kawasan tersebut menyusul 20 warga setempat dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan tes usap PCR yang diikuti 43 warga pada Selasa (29/6). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra WibowoPetugas kesehatan memasuki area isolasi mandiri saat melakukan pendataan bagi warga yang terpapar COVID-19 di Banjar Terunasari, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar, Bali, Kamis (1/7/2021). Satgas COVID-19 menerapkan PPKM Mikro secara ketat di kawasan tersebut menyusul 20 warga setempat dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan tes usap PCR yang diikuti 43 warga pada Selasa (29/6). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj.

KOMPAS.com - Indonesia kembali melaporkan rekor kasus harian Covid-19 pada Kamis (8/7/2021).

Ada tambahan 38.391 kasus Covid-19, angka tertinggi selama pandemi.

Semakin melonjaknya kasus Covid-19 membuat kapasitas tempat tidur (bed occupation rate/BOR) di banyak rumah sakit penuh.

Sejumlah rumah sakit telah berada dalam kondisi "memilih pasien yang lebih mungkin diselamatkan" untuk dirawat.

Pasien Covid-19 tanpa gejala atau pasien bergejala ringan disarankan melakukan isolasi mandiri (isoman).

Baca juga: Rekor 1.040 Kematian akibat Covid-19, Apa Penyebabnya? 

Pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah sakit atau lokasi isoman selain rumah sakit diminta untuk terus memantau kondisinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapan pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri harus segera pergi ke rumah sakit (RS)?

Tanda harus segera ke RS

Dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dari Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc SpP (K), mengatakan, ada sejumlah hal yang membuat pasien Covid-19 isoman harus segera ke RS.

Pertama, jika gejala yang dialami bertambah berat.

"Jadi kalau gejala bertambah, maka harus segera menghubungi fasilitas kesehatan," ujar Erlina saat dihubungi Kompas.com, Kamis (8/7/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.